Politik

Dua Bacaleg Dicoret KPU

Radarbekasi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi memastikan mencoret dua nama bakal caleg (bacaleg) karena alasan meninggal dunia dan mundur dari dari proses pencalegan di DCS. Keduanya berasal dari Partai Demokrat dan PAN.

’’Nanti akan kita umumkan semuanya. Transparan tanpa yang dilindungi, pengumumannya nanti sesuai dengan berkas yang telah kita verifikasi beberapa waktu lalu, yang mana sebelumnya kita tetapkan dalam DCS,” ujar Ketua KPU Kota Bekasi Ucu Asmara Sandi, kemarin.

Ucu menjelaskan, beberapa bacaleg dicoret dari DCS karena alasan tertentu dari parpol pengusung caleg tersebut. Sehingga memengaruhi perubahan di DCS saat penetapan DCT nanti.

“Kemungkinan akan ada perubahan yakni Sarni Ruminta Sihombing yang mundur dari DCS Demokrat. Berkas DCS-nya sudah dicabut dari KPU. Kedua, satu bacaleg PAN meninggal dunia. Proses pergantiannya sedang dalam proses. Kemungkinan itu saja yang berubah,” sambungnya

Sebelumnya, KPU telah terlebih dahulu mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS), pengumuman tersebut untuk melihat respon dari masyarakat. Namun sampai saat ini belum ada tanggapan dari masyarakat mengenai pengumuman DCS tersebut.

Saat pengumuman DCT nanti, imbuh Ucu, KPU akan transpran mengenai masalah biodata caleg. Daftar caleg akan diumumkan di media dan di beberapa keramian masyarakat. Ini bertujuan agar masyarakat dapat menentukan pilihannya pada Pileg mendatang.

Dikatakannya, DCT yang telah diumumkan akan menjadi dasar KPU untuk mencetak logistik kertas surat suara. DCT juga tidak dapat diubah berdasarkan ketentuan yang berlaku bagi seluruh Caleg  yang ditetapkan.

’’DCT diperkirakan diumumkan ke publik  20 September ini,” tandasnya. (sar)

Close