Berita Utama

Temuan 20.659 Pemilih Ganda Akan Diverifikasi

Radarbekasi.id – Bawaslu Kota Bekasi akan berkoordinasi dengan Bawaslu RI terkait adanya temuan 20.659 data pemilih ganda di wilayah setempat yang ditemukan jelang Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

“Kita akan rekomendasikan ke Bawaslu RI untuk secepatnya melakukan verifikasi faktual untuk perbaikan 20.659 data pemilih ganda,” kata Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Bekasi, Ali Mahyail.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Tomy Suswanto mengatakan 20.659 data pemilih ganda yang ditemukan itu tersebar di 12 kecamatan di Kota Bekasi.

“Kami (Bawaslu) menemukan Data dengan total 20.659, pada saat pencermatan yang dilakukan oleh kami dari hasil data Daftar Pemilih Tetap (DPT),” jelasnya.

Lebih lanjut, Tomy mengatakan penemuan pemilih ganda terungkap saat proses pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Bekasi.

“Proses Daftar Pemilih Sementara (DPS) diambil dari DPT Pilkada. Selanjutnya dari DPS menuju Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), ada data pemilih yang belum masuk kurang lebih 65 ribu, sehingga dimasukkan oleh KPU Kota Bekasi. Nah, pada saat proses inilah data ganda masuk ke dalam DPT,” paparnya.

Dengan adanya penemuan tersebut, Bawaslu akan melakukan koordinasi dengan KPU Kota Bekasi untuk meminimalisir hal serupa terulang kembali.

“Bawaslu merekomendasikan kepada KPU Kota Bekasi agar meninjau Berita Acara (BA) DPT sebelumnya. Dan data yang diberikan oleh Bawaslu yang berkaitan dengan pemilih ganda, agar dicermati kembali,” tukasnya. (sar)

Lebihkan

Artikel terkait

Close