Berita Utama

Demokrat dan Perindo Paling Tertutup Data Profil Caleg

Radarbekasi.id – Partai Demokrat dan Partai Perindo dinilai paling tertutup jika dibandingkan dengan peserta Pemilu 2019 lainnya. Riset Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menemukan kedua partai itu tidak mau data profil calon anggota legislatifnya dipublikasikan ke Komisi Pemilihan Umum melalui laman www.kpu.go.id.

Peneliti Formappi Lucius Karus mengungkapkan, temuan pihaknya ada 570 bakal caleg Demokrat yang tidak bersedia mempublikasikan profilnya. “Bahkan ada tiga bacalegnya sama sekali tidak ada data profilnya,” katanya dalam jumpa pers bertajuk ‘Anatomi Caleg Pemilu Legislatif 2019’ di Kantor Formappi, Matraman, Jakarta, Jumat (14/9).

Tak beda jauh dengan Demokrat, ada 550 bacaleg dari Perindo yang juga tidak mengizinkan KPU mempublikasikan data profilnya. “Kemudian 16 bacaleg yang bersedia data profilnya dipublikasi di laman KPU,” kata Lucius.

Sementara, partai dengan data profil caleg yang paling banyak adalah Partai Berkarya. Partai besutan Hutomo Mandala Putra itu memasukkan sebanyak 555 orang.

“Disusul Hanura 427 bacaleg, dan PBB 308 bacaleg,” beber Lucius.

Dia menambahkan, tidak dipublikasikannya data profil karena tiga faktor. Pertama, para bacaleg menyembunyikan sesuatu yang tidak ingin diketahui publik sehingga tidak bisa dikritisi atau dicari kelemahannya demi lolos masuk dalam daftar calon tetap. Kedua, menunjukkan ketidakmampuan KPU menjalankan peran dan wewenangnya untuk memaksa para bacaleg mempublikasikan profil.

“Ketiga, bisa saja ada kolaborasi antara bacaleg dan KPU untuk menyembunyikan profil karena merupakan pelanggaran terhadap hak-hak warga negara untuk mendapat informasi yang terang benderang mengenai calon yang hendak mereka pilih. Namun, bisa juga bagian strategi partai untuk menyembunyikan keadaan sesungguhnya para bacaleg,” pungkas Lucius. (wah)

Lebihkan

Artikel terkait

Close