Politik

Caleg dari PAN Tsani Alhaq

Jangan Pilih Caleg yang Mengandalkan Materi

Tsani Alhaq
Tsani Alhaq

Radarbekasi.id – Calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN) Tsani Alhaq menyebut biaya politik di Indonesia masih terbilang mahal. Oleh karena itu, bukan rahasia umum lagi para caleg rela mengeluarkan biaya yang besar mulai ratusan juta sampai miliaran rupiah demi meraih jabatan tersebut.

Menurut dia, biaya politik yang besar itu dikeluarkan untuk mendapatkan popularitas lewat, sosialisasi program dan proses branding caleg. Selain itu tentunya juga untuk biaya baliho partai, pengkaderan, dan survey.

“Tinggal setelah menang, bagaimana dana yang besar itu dapat kembali,” ujar Tsani.

Namun demikian, untuk mengembalikan biaya politik yang besar itu sangat tidak mungkin. Sebabnya, gaji dan tunjangan anggota legislatif tidak akan cukup untuk mengembalikan modal tersebut.

Alhasil tidak heran apabila banyaknya anggota legislatif yang terlibat proyek, suap, pembagian fee dan lainnya. “Harapannya masyarakat Kota Bekasi memilih caleg yang berasal dari dunia pergerakan, memiliki pengalaman serta track record yang cukup baik dan jangan memilih caleg yang hanya mengandalkan materi,” tukasya. (sar)

Lebihkan

Artikel terkait

Close