Berita Utama

DPRD Ogah Bahas APBD Perubahan

Penyerapan Anggaran Minim

Radarbekasi.id – Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bekasi menolak untuk melakukan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)  Perubahan Kabupaten Bekasi tahun 2018.

Hal itu dikarena tidak terealisasinya sejumlah program Pemkab Bekasi yang sudah dianggarkan dalam APBD  pada tahun 2018.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bekasi, Daris mengatakan, penyerapan APBD masih terhitung minim sampai dengan triwulan ketiga tahun anggaran 2018. Padahal, APBD tahun 2018 sudah ditetapkan tepat waktu yakni bulan November tahun 2017.

Ia mengungkapkan, DPRD sudah beberapa kali melakukan pembahasan APBD Perubahan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Bekasi.

“Namun demikian lantaran belum adanya tindaklanjut dari beberapa rekomendasi, saya berargumentasi lebih baik tidak dibahas terlebih dahulu APBD perubahan,” kata Daris kepada Radar Bekasi, beberapa waktu lalu.

Ia memperkirakan, Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan (Silpa) pada APBD tahun 2018 mencapai Rp. 800 miliar jika mempertimbangkan kinerja Pemkab Bekasi yang dinilai tanpa kemajuan.

“Fungsi legislatif itu adalah pengawasan, jadi hal yang wajar kalau anggota DPRD menjalankan fungsinya. Dan apabila ada ketidakbenaran dalam bekerja, menjadi hal yang realistis kalau saya tidak menyetujui adanya pembahasan APBD Perubahan tanpa adanya penjelasan yang kongkrit dari kinerja yang saat ini saya nilai kurang baik,” ujarnya.

Salah satu hal yang menunjukkan kinerja yang tidak maksimal ialah terkait kondisi infrastruktur pendidikan yang belum maksimal.

“Sebenarnya DPRD menganggarkan, tapi reaslisasinya tidak berjalan dengan baik, bahkan masih banyak anak – anak didik yang harus duduk di latar (lantai) karena tidak adanya meubeler,” ulasnya.

Berbeda dengan Daris, Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Sunandar menyampaikan, akan berupaya untuk melakukan pembahasan APBD Perubahan.

“Saya upayakan dalam waktu dekat bisa pembahasan APBD perubahan, karena waktu sudah mendesak. Dan dalam waktu dekat juga pembahasan APBD murni,” tuturnya. (and)

Close