Politik

Diikuti 697 Caleg, Potensi Kecurangan Tinggi

Radarbekasi.id – Diikuti sekitar 697 bakal calon legislatif pada Pileg 2019 nanti, Kota Bekasi dinilai Bawaslu memiliki kerawanan potensi konflik dan kecurangan yang cukup tinggi.

Para bacaleg yang akan memperebutkan sebanyak 50 kursi dewan dinilai Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Tommy Siswanto sebagai indikasi bakal ketatnya persaingan di pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Perebutan kursinya akan ketat, indikasi kecurangan cukup tinggi untuk Pileg 2019 di Kota Bekasi,” katanya.

Untuk bentuk kerawanan yang mungkin terjadi, kata dia bisa dalam bentuk kecurangan apa saja di antaranya praktik politik uang.

“Mudah-mudahan itu tidak terjadi,” ujarnya

Meski demikian, antisipasi perlu dilakukan untuk setiap potensi yang ada.

“Kami akan gencarkan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya berdemokrasi yang sehat tanpa adanya kecurangan,” ujarnya.

Menurut dia, Bawaslu juga mendorong agar partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu meningkat. Yakni melalui pengawasan berbasis teknologi informasi, forum warga pengawasan pemilu, dan gerakan pengawas pemilu partisipatif.

“Pengabdian masyarakat dalam pengawasan pemilu, pengelolaan media sosial, pojok pengawasan dan pramuka pengawas pemilu. Itu 7 progam (yang telah dijalankan),” tuturnya.

Dia berharap persiapan yang telah dibangun tersebut mampu menjadi fondasi pengawasan pemilu.

“Karena itu Bawaslu akan meningkatkan secara optimal,” pungkasnya. (sar)

Related Articles

Back to top button