Berita Utama

Upayakan Pendidikan SMA Gratis

Radarbekasi.id – Biaya pendidikan tingkat SMA dan SMK di Kota Bekasi diupayakan kembali gratis seperti dua tahun lalu. Meski, sesuai dengan peraturan yang ada bahwa SMA dan SMK merupakan wewenang Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyatakan, pihaknya berencana untuk meminta kepada Pemprov Jabar agar dana perimbangan ditingkatkan untuk merealisasikan pendidikan gratis 12 tahun tersebut.

Pasalnya, Kota Bekasi merupakan daerah yang menyetorkan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan (PKB-BBNKB) tebesar kedua se-Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Pepen itu menjelaskan, dari aturan yang ada telah ditentukan bahwa Kota dan Kabupaten hanya mendapat 30 persen dari penghasilan PKB-BBNKB. Sementara, 70 persen lainnya merupakan kewenangan Pemprov.

“Kita minta 20 persen dari 70 persen itu untuk membiayai (pendidikan gratis),” kata orang nomor satu di Kota Bekasi itu, Jumat (21/9).

Ia menyatakan, pihaknya menginginkan agar pendidikan SMA dan SMK dapat kembali gratis seperti sebelum adanya perubahan Undang – Undang nomor 23 Tahun 2014.

“Kan anak – anak kita yang ber – KTP Kota Bekasi ini kan kena bayaran lagi, nah itu yang akan kita kembalikan,” imbuhnya. (neo)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
Close