Metropolis

Gali Potensi Pemimpin Pemuda

Radarbekasi.id – Untuk menumbuhkan potensi pemuda di lingkungan Kecamatan Bekasi Selatan, seluruh pengurus Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi mengikuti kegiatan latihan dasar kepemimpinan (LDK).

Selama mengikuti latihan dasar kepemimpinan ini, para pemuda dibekali enam materi, diantaranya adalah materi terkait History Karang Taruna, pemahaman Pedoman Dasar (PD) dan Pedoman Rumah Tangga (PRT), kepemimpinan, Manajeman Organisasi, Manajemen Konflik serta Persidangan.

Dalam metri persidangan, para pemuda berkesempatan mengadakan simulasi persidangan disamping mendapatkan teori mengenai materi persidangan. Keenam materi tersebut diberikan guna menumbuhkan potensi para pemuda agar memiliki jiwa kepemimpinan atau leadership.

Latihan dasar kepemimpinan ini dilaksanakan sesuai dengan yang tercantum dalam peraturan dasar dan peraturan rumah tangga (PD/PRT) karang taruna, kemudian Peraturan Mentri Sosial (PERMENSOS) nomor 77 tahun 2010 dan PERMENSOS nomor 23 tahun 2013 guna menumbuhkan rasa tanggung jawab social. Demikian diungkapkan oleh ketua karang taruna kecamatan Bekasi selatan, Darkam.

Darkam juga mengungkapkan bahwa Latihan Dasar Kepemimpinan ini merupakan bekal para pengurus dalam menjalankan roda organisasi, sementara latar belakang kegiatan demikian ini dilaksanakan adalah sebagai upaya merespon permasalahan social di tengah masyarakat yang semakin kompleks.

“Kegiatan ini merupakan implementasi upaya karang taruna untuk mewujudkan pemuda yang cerdas, kreatif, inovatif dan berkarakter “ ungkapnya, Minggu (23/9).

Setiap anggota dan pengurus Karang Taruna dinilai memiliki tanggung jawab moral sebagai kader dalam mendukung program kerja dan visi misi dari pemimpin daerah dalam hal ini Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi. visi dan misi yang diusung oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi tahun 2018 sampai dengan lima tahun kedepan memberikan ruang untuk pemuda menjadi bagian dalam pembangunan kota.

“Tentunya visi dan misi ini memberikan ruang kepada pemuda untuk menjadi bagian dalam proses pembangunan kota Bekasi agar lebih sukses lagi dimasa yang akan datang, “ imbuhnya. (sur)

Related Articles

Back to top button