Metropolis

Mengintip Aktivitas Markas Huffadz (Habis)

Pesertanya dari Remaja hingga Orang Tua

Radarbekasi.id – Markas Huffadz, merupakan salah satu tempat bagi warga kecamatan Tambun Selatan dan sekitarnya untuk belajar menghafal alquran. Apa saja yang dilakukan?

Puluhan peserta Keluarga Penghafal Alquran: 1 Hari 1 Juz tengah khusyuk membaca ayat suci berulang-ulang agar dapat hafal di Auditorium Markas Huffadz Rumah Infaq di Jalan Biduri Raya, Blok G1, Nomor 23, Tambun Selatan.

Mereka mengikuti program itu sejak pukul 07.00 hingga 18.00 WIB dengan 2 kali istirahat pada waktu zuhur dan asar. Pada tiap program dibatasi untuk 60 peserta. Untuk Jemaah laki-laki dijadwalkan pada pekan kedua dan Jemaah perempuan pada pekan keempat.

Salah satu peserta 1 Hari 1 Juz itu adalah Inas Annisa (22) dari Gunung Sindur, Bogor. Ia baru pertama kali mengikuti kegiatan itu.“Motivasi ikut acara ini pertama, refreshing. Mendingan cari tempat kaya gini, menghafal, tadaburi, murojaan. Dan saya ingin jadi ahlul Quran atau keluarga Allah,” ungkap Inas.

Menurutnya, menghafAlquran tidak memerlukan kecerdasan, hanya ketelatenan. Ia mengutip firman Allah SWT yang menyebut soal kemudahan untuk memahami Alquran.“Di sini sangat kondusif banget. Seneng bisa gabung sama temen-temen satu tujuan, visi dan misi. Jadi berasa ikatan persaudaraan,” katanya.

Peserta lain Muthia Khansa Zharifah (15), mengatakan, ia mengikuti program itu karena menargetkan hafal 30 juz sebelum usia 17 tahun.“Kesulitan dalam menghafal pasti ada, pertama maksiat. Alquran enggak akan dateng kepada orang yang sering bermaksiat,” kata siswi SMPN 4 Tambun Selatan.

Menurutnya, di Markas Huffadz ia dapat wawasan yang lebih bagus dan mendapat teman dari golongan orang baik, plus motivasi dalam menghafal.

Di tempat yang sama, peserta lain, Lilis Tri Mulyani (52) dari Pondok Kelapa, Jakarta Timur, mengaku datang ke program itu karena termotivasi ingin menghafal.“Saya ingin semakin semangat dalam menghafAlquran. Kalau ada orang banyak kita bisa termotivasi. Kaya HP di-charge lagi, semangat lagi,” kata ibu rumah tangga ini.

Ia berharap di sela kesibukannya dapat menghafal Alquran. Oleh karena itu, dia membutuhkan hari yang terdedikasi untuk menghafal kitab suci itu.“Kesan saya luar biasa di sini, seperti di surga. Mendengar suara para peserta di sini seperti suara lebah membuat saya merinding, ” tutupnya. (see/pojokbekasi)

Lebihkan

Artikel terkait

Close