Metropolis

Siswa Wajib Ikut Uji Kompetensi

Radarbekasi.id – Untuk menghadapi persaingan dalam dunia usaha dan industri, lulusan sekolah kejuruan dituntut memiliki sertifikasi kompetensi. Sertifikat Kompetensi merupakan bukti pengakuan tertulis atas capaian kompetensi pada kualifikasi tertentu yang diberikan oleh satuan pendidikan terakreditasi atau lembaga sertifikasi yang berwenang.

Seperti yang dilakukan oleh SMKN 3 Kota Bekasi. Selama sebulan ini, siswa SMKN 3 Kota Bekasi diwajibkan mengikuti uji kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi  (LSP). Setiap harinya, sebanyak 15 siswa mengikuti ujian tersebut.

Wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMKN 3 Kota Bekasi Yuni Lestari mengatakan, tujuan dari LSP menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidang pariwisata, tata boga,  perhotelan yang dapat dibuktikan dengan sertifikat kompetensi sebagai sertifikat pendamping ijazah.

“Sertifikasi profesi yang diberikan kepada peserta didik akan lebih memberikan jaminan bagi lulusan dalam memasuki dunia kerja dan usaha di ruang lingkup Industri Pariwisata  nasional maupun global,” katanya.

Menurutnya, dengan mengikuti uji kompetensi, dapat meningkatkan kualitas serta nilai jual lulusan dalam memasuki pasar kerja global bahwa proses pendidikan yang dijalankan dalam menyiapkan tenaga kerja yang kompeten sudah memenuhi standar yang diharapkan.

“Ujiannya berupa peraktek seharian. Contohnya Yang paling mudah tata boga,  dari pembukaaan dan penutup makananan disiapkan secara individu.  LSP ini jguna menunjukan kemampuan mereka dari kelas 10 – 12. Sesuai dengan soal yang ada standarnya, ” terangnya.

Menurutnya, lulusan SMK bisa memiliki lebih dari satu sertifikat kompetensi, tergantung pada program keahlian yang diambilnya di SMK. Misalnya lulusan SMK dengan program keahlian Teknik Mesin, bisa memiliki enam sertifikat untuk kompetensi Teknik Pengelasan, Teknik Fabrikasi Logam, Teknik Pengecoran Logam, Teknik Pemesinan, Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri, dan Teknik Gambar Mesin.”Nah kalau disini ada dibidang pariwisata, tata boga dan perhotelan,”tandasnya. (cr41)

Related Articles

Back to top button