Berita Utama

DLH Kesulitan Atasi Persoalan Kali Bekasi

Radarbekasi.id – Pencemaran Kali Bekasi terus terjadi. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi tidak dapat berbuat banyak karena titik persoalan tersebut diklaim berada di wilayah Bogor.

Kali yang menghitam dan mengeluarkan bau tak sedap masih terjadi. Pihak DLH mengklaim sempat melakukan penelusuran hingga wilayah Kota Wisata Kabupaten Bogor.

Kondisi Kali Bekasi yang kembali menghitam dan berbau tersebut juga dibenarkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Lutfi.

“Tadi pagi (kemarin) staf saya sudah ngecek, menyusuri kali dari pangkalan satu sampai pangkalan enam, hasilnya, kondisi kali memang parah sampai di Perkampungan Cina Kota Wisata, Cibubur. Sumbernya di Kabupaten Bogor, banyak perusahaan yang membuang limbah ke sungai,” ujar Lutfi saat dihubungi Radar Bekasi Rabu (26/9).

Mengingat sumber masalah ada di Kabupaten Bogor, pihaknya hanya membuat laporan dan mendorong pemerintah provinsi Jawa Barat menindaklanjuti persoalan tersebut.

“Karena limbah yang menyebabkan kali bekasi tercemar itu masuk wilayah administrasi Kabupaten Bogor, maka kita ngga bisa berbuat apa-apa selain memberikan laporan kepada mereka dan meminta kepada pemerintah Jawa Barat menindaklanjuti hal tersebut agar segera teratasi,” tegasnya.

Hingga saat ini, imbas pencemaran kali Bekasi selain mengganggu ekosistem, juga mempengaruhi produksi air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kota Bekasi. (pay)

Lebihkan

Artikel terkait

Close