Metropolis

Kesadaran Memeriksa Kesehatan Meningkat

Radarbekasi.id – Dengan dikeluarkannya Kartu Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS NIK) diklaim mampu menghilangkan kekhawatiran masyarakat akan biaya kesehatan.

Hingga saat ini, masyarakat yang menggunakan KS NIK tembus angka 675 ribu jiwa. Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati.

Tanti menambahkan, kesadaran masyarakat Kota Bekasi untuk memeriksakan kesehatannya meningkat tajam.

“Sebelumnya orang enggan periksa kesehatan karena harus membayar, sekarang dijamin oleh pemerintah sehingga bila ada penyakit, penanganannya bisa dilakukan secara maksimal karena telah dideteksi secara dini. Saya rasa KS NIK dinilai sangat membantu warga Kota Bekasi semoga saja program ini terus berlanjut tanpa kendala,” jelasnya

Lanjut Tanti, sebelumnya Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi juga menegaskan bahwa tidak ada lagi penolakan warga yang menggunakan KS NIK karena adanya jaminan dari pemerintah Kota Bekasi.

“Jam berapa pun pasien datang, RS swasta harus menerima mereka dengan baik. Pemilik Kartu Sehat berbasis NIK harus menggunakannya secara bijaksana. Bila menderita sakit pilek dan demam biasa, sebaiknya berobat ke pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) terdekat. Tapi kalau membutuhkan penanganan medis lanjutan, seperti operasi bisa langsung ke rumah sakit,” tandasnya. (pay)

Lebihkan

Artikel terkait

Close