Pendidikan

Jangan Remehkan UTS

Radarbekasi.id – Senin depan menjadi pekan Ujian Tengah Semester (UTS). Walaupun tekanannya tidak sebesar ujian kenaikan kelas, UTS tetap tidak boleh dianggap remeh dan harus dihadapi dengan belajar yang tekun. Untuk itu SD Ananda Bekasi telah mempersiapkan PTS (penilaian tengah semester)  atau yang kerap di dengar dengan UTS.

Wakil kepala sekolah bidang kurikulum SD Ananda Bekasi Budi mengatakan, untuk persiapan PTS siswa, pihaknya  sudah menyelesaikan 1/4 materi dalam setahun dan melaksanakan Penilaian Harian minimal 2  kali.  Untuk siswa yang dipersiapkan  penguasaan materi pelajaran dengan mereview materi yang sudah di pelajari selama kurang lebih 3 bulan ini.

“PTS ini merupakan salah satu kegiatan evaluasi hasil belajar mahasiswa. Evaluasi ini adalah pemberian penilaian terhadap kemam­puan mahasiswa dalam menerima, memahami, dan menguasai bahan studi yang disajikan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, dan menilai per­ubahan sikap dan keterampilannya,” katanya, kamis (27/9).

Budi menambahkan,  peraturan PTS ini seperti siswa tidak diperkenankan membawa handphone, kalkulator dan sejenisnya. Dilarang menanyakan atau memberi jawaban kepada siapapun dan tidak diperkenankan meninggalkan ruangan sebelum waktu berakhir.

“Peserta mengerjakan soal setelah tanda waktu dimulai dan dilarang membawa catatan dalam bentuk apapun.  Hal itu agar mengetahui pencapaian hasil belajar mahasiswa yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dalam kurun waktu studi tertentu, ” terusnya.

Budi juga menjelaskan, PTS di SD Ananda belum menggunakan sistem online, namun masih bentuk tradisional saja.  Dan Bagi mahasiswa yang tidak dapat mengikuti PTS karena sakit yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter atau tenaga medis dan hal-hal lain seperti bencana, kecelakaan lalu lintas, dan mu­sibah yang dibuktikan dengan surat keterangan pihak berwe­nang.

“Bobot nilai PTS ini maksimal 20 persen dari nilai mata pelajaran dalam satu semester. Bobot nilai UAS maksimal 40 persen dari nilai mata pelajaran dalam satu semester, ” tutupnya. (cr41)

Lebihkan

Artikel terkait

Close