Life Style

Batik jadi Pemersatu

Radarbekasi.id – Batik tidak hanya sebagai corak untuk busana, namun lebih dari itu sebagai alat pemersatu dari keberagaman budaya. Demikian ditegaskan ketua  Komunitas Batik Bekasi (Kombas) Barito.

Menurutnya,  kreatifitas membatik adalah ruang kesenian budaya nusantara yang diwariskan turun-temurun dari nenek moyang. “Warisan ini tumbuh diberbagai daerah, masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda-beda antara daerah satu dan lainnya dan telah ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh Unesco tanggal 2 Oktober 2009,” ujarnya, Selasa (2/10).

Lanjutnya, Indonesia adalah negara kesatuan yang penuh dengan keragaman yang terdiri atas berbagai budaya, bahasa, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan dan lainnya. Namun, rasa nasionalisme telah mampu mempersatukan berbagai keragaman itu. “Hal ini selaras dengan semboyan bangsa Indonesia Bineka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu jua,” ujarnya.

“ Indonesia adalah negara kesatuan yang penuh dengan keberagaman yang terdiri atas berbagai budaya, Bahasa, ras, suku bangsa, agama, kepercayaan dan yang lainnya. Salah satu bentuk keragaman yang menjadi symbol di berbagai daerah adalah Batik, kreatifitas membatik adalah ruang kesenian budaya yang diwariskan turun menurun,”sambungnya.

Terlebih di kota Bekasi, kota ini telah berkembang menjadi kota dengan tingkat heterogenitas yang tinggi baik keragaman budaya dan sebagainya. Salah satu keragaman budaya akibat heterogenitas masyarakat di kota Bekasi tersebut yakni batik, setiap masyarakat datang dengan budayanya masing-masing, namun batik yang telah dimiliki oleh kota Bekasi harus terus dijaga kelestarian sebagai suatu kekayaan budaya.

“Menjaga dan melestarikan batik adalah salah satu bentuk ungkapan kecintaan kita kepada kesenian , dan budaya nusantara, kecintaan kita kepada kota Bekasi yang cerdas, kreatif, maju, sejahtera dan ihsan,“ tuturnya.

Saat ini motif batik dalam batik Bekasi ini terus bertambah, penggalina sejarah terus dilakukan mengenai identitas dan ciri khas Kota Bekasi hingga didapatkan berbagai motif yang saat ini ada diantaranya tugu Asem, Tugu Kali Bekasi, tumbuhan, hewan dan sebagainya

Sementara itu, Sekertaris Kombas, Rio Damaris Yanuar mengatakan, Kota Bekasi salah satu Kota dengan tingkat heterogenitas tinggi. Keragaman budaya menjadi kekayaan yang tidak dimilik oleh semua negara.

“Demikian juga dengan perbatikan nusantara yang begitu kaya, keragaman batik yang menjadi identitas daerah yang telah dimiliki Kota Bekasi harus kita jaga kelestariannya,”ungkapnya.

Ia menilai, dengan menjaga dan melestarikan batik menjadi salah satu bentuk ungkapan kecintaan kita pada kesenian dan budaya nusantara.“Seperti batik, kita harus mencintai, menjaga, serta melestariakan Kota Bekasi yang cerdas, kreatif, maju, sejahtera dan Ihsan,” tutupnya. (sur/dyt/pojokbekasi)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close