Cikarang

Neneng Sepakat Kesejahteraan Guru Honorer Meningkat

Penuhi Tuntutan Guru Honorer

Radarbekasi.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi akan berupaya meningkatkan kesejahteraan guru honorer. Namun, hal tersebut masih membutuhkan proses.

Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin mengatakan, dirinya sepakat untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Tapi, hal itu baru dapat dilakukan pada tahun anggaran 2020.

Sebab rencana belanja Pemerintah Kabupaten Bekasi di tahun anggaran 2019 sudah dikirimkan ke Provinsi meskipun Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) baru akan dibahas.

“Tapi saya tidak bisa bicara soal UMK (Upah Minimum Kabupaten), karena jumlahnya luar biasa besar,” katanya, Selasa (2/10).

Namun, peningkatan kesejahteraan guru honorer juga harus bersamaan dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bekasi. “Makanya saya bilang ke Pak Sekda kita harus menaikan pendapatan, sehingga di 2020 kita bisa kasih kesejahteraan buat honorer,” katanya.

Terkait dengan dorongan untuk mengeluarkan SK Bupati untuk guru honorer, Neneng mengaku sudah berdiskusi dengan Kemenpan RB, “Bicara PP 48 itu harga mati juga, jadi tidak bisa. Sebab ini masalah aturan,” ujarnya.

Ia menambahkan, langkah awal yang dilakukan Pemkab Bekasi adalah melakukan verifikasi dan validasi data jumlah guru yang ada. Baik yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun guru honorer.

Menurutnya, hanya guru yang berstatus ASN yang melalui proses seleksi. Sehingga, hal tersebut menjadi suatu permasalahan yang perlu diurai untuk mendapatkan solusinya.

Dari penghitungan jumlah guru melalui verifikasi melalui tim yang diterjunkan, Neneng menemukan, bahwa pengangkatan guru itu banyak yang tidak sesuai pada kebutuhan kerja.

“Dari jaman dulu tidak ada seleksi dalam penerimaan karena kurang jadi main ambil saja. sedangkan Permendikbud bilang seleksi harga mati. Kami lihat situasi seperti apa. makanya kami hitung dulu mana yang liniear, mana yang berlebih atau tidak. Oleh sebab itu kita lakukan validasi dan verifikasi,” tuturnya. (and)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close