Berita Utama

Penyerapan Anggaran DPUPR Sangat Rendah

Radarbekasi.id – Penyerapan Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi masih sangat rendah. Memasuki triwulan keempat, dinas tersebut baru menyerap 20 persen anggaran.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Jamalludin mengakui apabila penyerapan anggaran yang digelontorkan instansi yang dipimpinnya masih sangat rendah. Yakni mencapai 20 persen dari sekitar Rp800 miliar anggaran yang digelontorkan kepada pihaknya.

Namun demikian, Jamal tetap meyakini kegiatan yang sudah direncanakan bakal maksimal. Namun ia juga menggaris bawahi bahwa ada beberapa kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan.

Alasannya, karena gagal saat proses lelang. Sehingga kegiatan terpaksa tidak bisa dilaksanakan.

“Kalau berbicara penyerapan anggaran kita memang masih sangat rendah. Tapi kalau progres pelaksanaan kegiatan kita sudah maksimal, sebab seluruh kegiatan melalui tahap lelang sedang berjalan. Meskipun ada beberapa kegiatan yang tidak dikerjakan, karena gagal lelang,” katanya.

Jamal menyatakan, pencairan anggaran yang berdampak pada penyerapan baru dapat dilakukan setelah kegiatan pembangunan secara fisik selesai dilaksnakan.

“Memang kalau indikator PUPR itu bukan penyerapan, sebab saat ini tahun 2018 masih berjalan. Dan kegiatan yang dilelang seratus persen sudah selesai, dan kegiatan pengerjaan fisik sedang berproses,” ujarnya.

Jamal mengakui, tahun ini pihaknya tidak bisa menyerap seluruh anggaran yang dialokasikan bagi dinasnya. Sebab. ada beberapa kegiatan yang gagal lelang. Salah satunya rencana pembangunan gedung 16 lantai. (and)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close