Berita Utama

Desak Kades Ridogalih Melapor

Dugaan ’Penjarahan’ Aset Desa

Radarbekasi.id – Kasus ’penjarahan’ aset Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, turut ditanggapi Pemerintah Kabupaten Bekasi. Melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Aat Barhaty, menegaskan bahwa aset desa di Desa Ridogalih, merupakan milik pemerintah bukan perorangan.

“Yang sudah pasti milik lembaga (pemerintah), seperti mobil dinas, bangunan kantor desa, meja, bangku, AC, dan masih banyak lainnya,” ucapnya, Rabu (3/10).

Menurut Aat, apabila aset desa diakui sebagai milik perorangan, maka dikategorikan sebagai pencurian. Oleh karena itu, pihaknya menyarankan agar Kepala Desa Ridogalih terpilih, mencari tahu barang apa saja yang dibawa oleh kepala desa sebelumnya.

“Bisa saja yang dibawa milik dia, makanya harus lihat dulu. Misalkan terbukti itu aset desa, silahkan selesaikan lewat jalur hukum, kalau merasa tidak terima,” tegasnya.

Sejauh ini, Kepolisian Resort Metro Bekasi tengah melakukan penyelidikan atas kasus yang terjadi di Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, Senin (1/10) lalu. Meskipun, hingga saat ini pihak kepolisian belum menerima laporan atas kasus tersebut.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Bekasi, AKBP Rizal Marito, menegaskan pihak kepolisian belum menerima laporan dari pihak yang dirugikan atas kasus yang terjadi di Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah.

“Kita tunggu pelapornya ya,” ucapnya.

Meskipun belum adanya laporan, kata dia, sejauh ini pihak kepolisian sudah melakukan penyelidikan ke tempat kejadian perkara (TKP). Menurutnya, sampai saat ini belum ada yang memberikan keterangan mengenai data apa saja yang hilang atas kejadian tersebut.

“Tapi yang mengetahui persis data-data yang hilang belum ada,” jelasnya

“Untuk pelaku sendiri, masih diselidiki,” imbuhnya. (pra)

Lebihkan

Artikel terkait

Close