Berita Utama

Hanura Pertanyakan PAW Winoto Lambat

Radarbekasi.id – Lambatnya proses pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Kota Bekasi Winoto, disoal Partai Hanura. Winoto yang berpindah parpol dari Hanura ke Nasdem dan mencalonkan diri di Pileg 2019, hingga kini masih duduk manis di kursi DPRD.

Ketua Hanura Kota Bekasi, Syaherallayali mengeluhkan lambatnya proses pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Kota Bekasi, Winoto yang pindah ke Partai Nasdem. Padahal, mekanisme di internal partai besutan Wiranto tersebut sudah selesai, mulai dari DPP hingga DPC Kota Bekasi.

“Mekanisme di internal sudah beres, baik dari DPP, DPD maupun DPC Kota Bekasi. Dan surat permohonan ke ketua DPRD Kota Bekasi pun sudah di disposisi di Badan Kehormatan (BK),” keluh pria yang akrab disapa Ral ini.

Ditambahkan dia, pihaknya juga sudah mencoba menanyakan ke Ketua BK DPRD Kota Bekasi. Namun hingga kini jawabanya tidak jelas.

“Sesuai tatib, jika ada PAW pengunduran diri harus verifikasi lewat BK. Ini sudah 12 hari loh masih belum jelas. Jangan sampai lewat 14 hari. Meskipun per 23 September hak-hak Winoto sebagai dewan sudah di cabut seperti gaji dan lainya. Sudah lah ini kan proses biasa pengunduran diri,” ungkap Ral.

Dirinya berharap proses PAW Winoto segera selesai. Pasalnya Hanura juga sudah menyiapkan pengganti Winoto. “Ya harus secepatnya. Kita kan mau fraksi Hanura biar maksimal kerja di DPRD,” tandasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Bekasi, Tumai membenarkan jika hak Winoto sudah dicabut setelah ditetapkan dalam Daftar Calon Tetap (DCT) pada Kamis (20/9) lalu.

’’Dasar pencabutan hak mereka sebagai aleg, yaitu Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor: 160/6324/OTDA tanggal 3 Agustus 2018 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) 20 Tahun 2018,” paparnya.

Menurut Tumai, orang yang pindah partai dinyatakan tidak mendapatkan hak-haknya sebagai anggota DPRD sejak ditetapkan dalam DCT. ’’Artinya, sejak 20 September lalu penetapan DCT hak dia sebagai anggota DPRD dimaksud sudah dicabut,” lanjutnya.

Dirinya menuturkan proses PAW akan dilaksanakan secepatnya.”Sebentar lagi lah,” singkatnya.

Perlu diketahui, Winoto yang juga mantan Ketua DPC Hanura Kota Bekasi itu berpindah dan mencalonkan diri melalui Partai Nasdem. Dengan begitu Partai Hanura segera melakukan proses PAW. Dan pengganti Winoto, yakni Mardani Suhendar. (sar)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close