Metropolis

Mulai Besok, Jembatan VI Ditutup

Radarbekasi – Jembatan VI Kalimalang yang saat ini menjadi putaran balik dari arah Galaxy menuju ke arah Kota Bekasi bakal ditutup mulai Sabtu (6/10). Nantinya, pengendara dari arah Galaxy yang hendak menuju Kota Bekasi harus berputar di Jembatan Caman.

Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Johan Budi mengatakan, rekayasa lalu lintas dilakukan dalam rangka penyesuaian proyek pembangunan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu).

“Penutupan terkait dengan pekerjaan pembangunan tiang Becakayu,” kata Johan Budi Gunawan, Kamis (4/10).

Ia menjelaskan, rekayasa lalu lintas itu akan dilakukan sepanjang 1,7 kilometer. Tepatnya, dari jembatan Galaxy hingga Jembatan Sumber Arta.

Kendaraan dari arah Jakarta yang menuju arah Kota Bekasi akan menggunakan jalur di sisi utara Kalimalang. Sementara, kendaraaan dari arah Bekasi yang hendak ke Jakarta nantinya melewati jalur di sisi selatan kalimalang.

“Rekayasa ini kita juga mengoptimalkan simpang Galaxy dan simpang Caman untuk titik u-turn atau putar balik kendaraan,” ujarnya.

Budi menyatakan, ada sejumlah syarat yang diberikan kepada pimpinan proyek Becakayu. Diantaranya ialah menambah penerangan di kolong Becakayu, membersihkan gangguan samping seperti material..

“Untuk simpang Galaxy tidak ada perubahan sirkulasi lalu lintas. Yang berubah drastis itu simpang Caman. Jadi dia hanya berfungsi sebagai putaran kendaraan dari Galaxy dan kendaraan dari Jakarta yang ingin menuju ke Jatibening,” jelas Johan..

Menurutnya, Dishub Kota Bekasi telah mengajukan tiga klausul kepada PT Waskita dalam rangka menjaga arus lalu lintas tetap optimal. Pertama fasilitas lalu lintas seperti rambu-rambu. Kedua, penerangan jalan dan yang ketiga tidak boleh ada sisa pekerjaan pada ruas jalan yang ada.

“Kalau ketiga kalusul kami ini tidak dipenuhi, maka terpaksa kami harus tunda pembangunannya,” tutupnya.(pay)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close