Berita Utama

Pengamanan Stadion Patriot Diperketat

Laga Persija vs Perseru Serui

Radarbekasi.id – Pengamanan pertandingan Persija Jakarta melawan Perseru Serui di Stadion Patriot Candrabhaga akan dipertebal. Kedua tim itu akan bertanding pada pukul 16.00, Senin (8/10).

Akan ada sebanyak 2500 personil gabungan yang melakukan penjagaan. Hal itu untuk mencegah terjadinya insiden seperti di Bandung beberapa waktu lalu dan kejadian kerusuhan suporter diluar stadion patriot saat laga persahabatan Persija kontra Selangor FA.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto menyatakan, akan ada sebanyak 1500 personil melakukan penjagaan di luar wilayah stadion. Sisanya, melakukan pengamanan di dalam stadion.

Sebanyak 1500 orang itu berjaga di ring tiga (Gerbang Utama di Jalan Ahmad Yani, Tribun Timur dan Tribun Barat). Sementar, ring empat berada di jalan yang ada disekitar stadion.

“Termasuk bahkan jauh ring di luar, misalkan di Kalimalang kita akan tempatkan satu pleton untuk mulai memfilter penonton – penonton. Ahmad Yani juga akan kita tempatkan lagi,” katanya kepada Radar Bekasi.

Ia menyatakan, metode pengamanan pada pertandingan tersebut juga berbeda. Pihaknya akan memberlakukan metode pengamanan internal kepolisian.

“Misalnya, anggota tidak boleh sama sekali duduk dan ngopi – ngopi. Jadi selama dua jam  itu anggota semua bergerak, tidak boleh nyantai, semua patroli, sudah ada ring – ringnya,”  jelasnya.

Pada pertandingan tersebut, pihaknya juga akan memulangkan penonton yang tidak memiliki tiket hingga dengan pukul 16.00. Sebab, dikhawatirkan akan terjadi gangguan keamanan seperti pertandingan antara Persija melawan Selangor FA beberapa waktu lalu.

Indarto menyatakan, penonton yang tidak memiliki tiket tidak perlu menunggu disekitar stadion. Polisi akan bekerja sama dengan sejumlah anggota The Jak Mania untuk memulangkan penonton yang tidak memiliki tiket.

“Besok 15 tim (pengamanan) itu akan persuasif meminta supporternya ada didalamnya, ada juga kawan – kawan Jak Mania. Jadi kita mau coba persuasif. Jadi kalau memang penonton itu sayang sama sepak bola Indonesia. Harusnya mereka tidak rusuh, mereka pulang,” tuturnya.

Sebelumnya, sejumlah fasilitas yang ada di Stadion Patriot Candrabhaga rusak usai kerusuhan setelah pertandingan antara Persija melawan Selangor FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Kamis (6/9) malam. Diantaranya ialah kaca di Loket Tiket Pintu Utara dan Pos Satpam pecah. Hal itu diduga disebabkan karena penonton yang tidak memiliki tiket memaksa masuk dan melemparkan batu ke arah stadion.

Warga yang tinggal di Jalan Guntur (belakang stadion), Trisotjo Suharto (68) mengatakan, kerusuhan berlangsung sekitar 25 menit. Ia menceritakan, pada saat itu dirinya berada di dalam rumah. Kemudian, terdengar keributan dari luar rumah. (neo)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Lihat Juga

Close
Close