Berita Utama

Persaingan Caleg Merebut Kursi kian Ketat

Radarbekasi.id – Perebutan kursi DPRD Kota Bekasi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang diperkirakan bakal berlangsung cukup ketat. Pasalnya, beberapa wakil rakyat “abadi” masih turun untuk bersaing dengan para Calon Anggota Legislatif (Caleg) baru.

Tumai misalnya. Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang saat ini duduk sebagai Ketua DPRD Kota Bekasi, tercatat sudah 15 tahun menyandang status sebagai anggota dewan.

Dia, sudah tiga periode sebagai anggota DPRD Kota Bekasi, dan Pileg 2019 merupakan periode keempat jika dapat memenangkan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Selain Tumai, ada juga Ronny Hermawan, Sodikin, Haeri Paraeni, Arwis Sembiring (Demokrat), Enie Widhiastuti, Anim Imamudin (PDIP), Heri Purnomo (PKS), yang sudah 10 tahun (dua priode) menjadi wakil rakyat di Kota Bekasi. Sisanya, caleg petahana merupakan konstentan pileg 2014 yang masih satu priode di DPRD Kota Bekasi.

Tumai mengaku ditugaskan kembali oleh PDIP Kota Bekasi untuk maju sebagai caleg DPRD Kota Bekasi. Meski sudah 15 tahun di DPRD, sebagai kader partai, Tumai harus siap menjalankan tugas tersebut. “Saya ditugaskan kembali oleh partai, bukan berarti tidak ada regenerasi,” kilah Tumai.

Dengan modal pengalaman tiga priode, Tumai yakin dirinya bakal terpilih lagi sebagai anggota DPRD. “Insya Allah akan terpilih,” ucapnya.

Ia mengaku sudah mempersiapkan strategi khusus untuk mempertahankan kursi empuk tersebut di DPRD Kota Bekasi. Tumai mengklaim, hubungan selama ini dengan konstituen cukup harmonis. Karena itulah, Tumai yakin bisa menjaga basis suara yang selama ini mengantarkan dirinya ke kursi legislatif. “Insya Allah siap, mohon doa’nya,” pinta Tumai.

Nama-nama baru yang bermunculan juga tidak kalah menarik. Sebut saja,

Devi Simanjuntak (Golkar), Astrid Laena (Golkar), Anggun Budhi Oktarini (Demokrat), Abi Alfiandi (PPP), Nawal Husni (PPP) dan yang lainnya.

Meski sebagian besar lawannya merupakan politisi senior, para pendatang baru itu mengaku tidak gentar dan tetap optimistis.

“Mudah-mudahan siap. Tapi ya, siap tidak siap harus siap. Karena sudah dipercaya oleh partai untuk maju, jadi harus siap,” tutur Caleg Demokrat, Anggun Budhi Oktarini.

Sedangkan, Nawal Husni (PPP), mengaku sudah sejak lama mempersiapkan diri menduduki kursi legislatif. Baliho dan spanduk Nawal pun sudah banyak tersebar di berbagai sudut jalan dapil Bekasi Utara.

Nawal mengaku akan menampung aspirasi masyarakat yang berkaitan dengan persoalan-persoalan pendidikan, kaum muda atau milenial.

“Dengan duduk sebagai wakil rakyat, tentunya akan semakin mudah bagi masyarakat menyampaikan aspirasi,” bebernya. (sar)

Related Articles

Back to top button