Berita Utama

Bidik Posisi Teratas

Kabupaten Bekasi Ketiga Kota Bekasi Ketujuh

Radarbekasi.id – Perhelatan Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII 2018 resmi dibuka Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Sabtu (6/10) di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor.

Usai pembukaan, 27 kota dan kabupaten mulai membidik posisi teratas pada ajang olahraga multi event empat tahunan tingkat Jawa Barat tersebut.

Kabupaten Bekasi yang sebelumnya menjadi tuan rumah pada Porda XII 2014 lalu, memasang target tinggi bisa mempertahankan gelar juara umum. Mereka optimis bisa meraih 20 persen medali dari total 855 nomor yang dipertandingkan.

Hingga Minggu (7/10) Kabupaten Bekasi berada di posisi ketiga dengan raihan 31 medali emas, 37 medali perak dan 50 medali perunggu. Sementara Kota Bekasi berada diperingkat ketujuh dengan raihan 8 medali emas, 10 medali perak dan 10 medali  perunggu.

Posisi puncak masih dipimpin tuan rumah Kabupaten Bogor, dengan raihan 69 medali emas, 55 medali perak, 37 medali perunggu. Sementara posisi kedua ditempati Kota Bandung dengan raihan 44 medali emas, 35 medali perak dan 42 medali perunggu.

“Masih banyak cabor kita yang belum bertanding. Sejauh ini kita masih on the track,” ujar Sekretaris Umum KONI Kabupaten Bekasi, Reza Lutfi Hasan, usai upacara pembukaan Porda XIII Jabar 2018, di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (6/10) malam.

Beberapa cabor yang menjadi unggulan mereka diantaranya wushu, judo, biliar angkat besi dan berat, panjat tebing, berkuda dan beberapa cabor lainnya mulai bertanding.

“Salah satu cabor andalan yang sudah selesai, Wushu. Sementara kita juara umum di Cabor ini, dengan raihan, sembilan medali emas, tiga perak dan tiga perunggu,” jelasnya.

Cabor andalan lain, yakni ski air, karate dan atletik dari total 52 cabor yang mereka terjunkan, dengan melibatkan 689 atlet, 150 pelatih dan 188 official.

“Masih banyak nomor pertandingan yang kita punya, tapi Kota Bandung dan Kabupaten Bogor tidak punya. Jadi kita tetap optimis,” lanjutnya.

Mengawal tradisi juara di pesta olahraga, ujar Reza, bukan sesuatu yang mudah. Karena memerlukan dukungan dari semua pihak.

“Terutama saat ini (dukungan) dari bapak angkat yang sudah ditunjuk oleh Bupati Bekasi agar dapat memotivasi atlet saat berjuang. Atlet kita yang bertanding di final ada yang dalam kondisi tidak fit dan cedera,” kata Reza.

Sementara, Kota Bekasi yang sebelumnya masuk sepuluh besar Porda XII 2014, tahun ini memasang target di empat besar. Hingga Minggu (7/10) mereka masih bertenger di peringkat ketujuh dengan raihan 7 medali emas, 10 medali perak dan 10 medali perunggu.

Mereka berhasil menyalip daerah lain yang sebelumnya Kota Bekasi berada di peringkat 11.

Beberapa cabor unggulan yang sudah tampil, mereka optimis bisa mengejar target empat besar. Terlebih beberapa atlet dari cabor unggulannya sebagian sudah masuk final.

”Alhamdulillah kita naik ke peringkat ketujuh setelah sebelumnya diperingkat sebelas. Ini memang sesuai prediksi karena sebelumnya cabor unggulan kita belum bertanding,”terang Ketua KONI Kota Bekasi, Abdul Rosyad Irwan Minggu (10/7).

Kota Bekasi sendiri menerjunkan 44 cabang olahraga. Total 612 atlet mereka terlibat diajang Porda yang kali ini dihelat di Kabupaten Bogor.

Cabor unggulan Kota Bekasi seperti angkat besi dan angkat berat, judo, sepatu roda, panjat tebing, tinju kini mulai bertanding. Mereka optimis banyak medali yang disumbangkan dari cabor tersebut dan beberapa cabor lainnya yang berlaga.

Data yang berhasil dihimpun Radar Bekasi, Porda Jawa Barat XIII 2018 dengan tuan rumah Kabupaten Bogor, pertandingan dihelat di 30 venue, dan 18 venue lain tersebar di Jawa Barat.

Ketika pembukaan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengakui kesiapan Kabupaten Bogor yang sudah memadai. Karena sudah ditunjang dengan keamanan dan penanganan kesehatan.

“Agar kita bisa bertanding sportif dan menjunjung tinggi sportivitas. Perlu diketahui, ini bukan hanya sekedar olahraga tahunan, tapi mewujudkan atlet potensial. Sehingga mewujudkan juara yang sesungguhnya. Semoga kuta bisa juara di PON (Pekan Olahraga Nasional) 2020,”ujarnya

Pertandingan beberapa cabor di Porda XIII Jawa Barat 2018 sudah dimulai sejak tanggal 24 September 2018. (dan)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close