Realtime

Pemkab Bekasi Bangun Gedung Perpustakaan Senilai Rp 9,4 Miliar, Kapan Rampungnya ?

Radarbekasi.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi membangun Gedung Perpustakaan Daerah senilai Rp 9,4 miliar di Cifest Hill, Cikarang Selatan. Proses pembangunan gedung sudah mulai dilakukan  sejak 5 Juni 2018. Lalu kapan selesainya ?

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, Jamaludin, menargetkan pembangunan gedung perpustakaan itu rampung akhir tahun ini. Saat ini progres pembangunan sudah diatas 50 persen.

“Target kita 205 hari kerja, perpustakaan ini harus sudah selesai. Untuk sekarang, tahap pembangunan sudah mencapai 60 persen,” jelas Jamaludin, saat meninjau lokasi proyek pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah, Rabu (10/10).

Menurut Jamaludin, setiap daerah harus memiliki gedung perpustakaan yang representatif. Keberadaan perpustakaan yang representatif sangat dibutuhkan karena dapat menguggah anak-anak lebih semangat untuk membaca.

“Saat ini, Pemerintah Kabupaten Bekasi memiliki Gedung Perpustakaan Daerah di Jalan Gatot Subroto, menggunakan gedung bekas Kompleks Kewedanan Cikarang,” katanya.

Dikatakannya, gedung perpustakaan ini terdiri dari dua lantai. Nantinya, perpustakaan ini akan dikelola oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Dasipusda) Kabupaten Bekasi.

“Kita akan buat nyaman saat pengunjung sedang membaca buku, dan para siswa-siswi bisa memanfatkannya untuk tempat membaca,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dasipusda Ida Farida menjelaskan, gedung perpustakaan lama yang berada di Jalan Gatot Subroto sebenarnya sudah cukup baik. Dalam per hari, jumlah pengunjungnya mencapai 300 orang. Hanya saja diakuinya, keberadaan gedung perpustakaan yang berada di samping Polsek Cikarang Utara itu kurang representatif.

“Mudah-mudahan dengan adanya perpustakaan daerah, peminat pembaca di Kabupaten Bekasi bisa meningkat terus,” tutupnya. (pra).

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close