Berita Utama

Perang Caleg Artis di Dapil Kota Bekasi – Depok

Radarbekasi.id – Empat artis dari berbagai partai politik (parpol) akan bertarung memperebutkan suara rakyat dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Untuk bisa melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR RI, para artis tersebut akan memperebutkan suara dari daerah pemilihan (dapil) Kota Bekasi dan Kota Depok.

Sejumlah nama, seperti Anggel Karamoy (PDIP), Lucky Hakim (Nasdem), Farhat Abbas (PKB), dan Fauzi Baadila (Gerindra) ikut memperebutkan kursi DPR di Pileg 2019.

Tak dapat dipungkiri, kehadiran para artis dalam Pileg tersebut memang memiliki banyak keuntungan bagi parpol yang mengusunya. Popularitas mereka dianggap bisa mendulang perolehan suara yang tinggi dalam pemilihan.

Pengamat Politik Kota Bekasi, Adi Susila mengatakan, kehadiran nama-nama artis yang didapuk jadi caleg oleh berbagai partai politik itu dinilai sebagai pendulang suara (vote getter). Sehingga, terkadang dapat saja menggoyang suara petahana yang sebelumnya sudah duduk sebagai wakil rakyat.

“Terkadang kemunculan nama artis memang perlu diperhatikan latar belakangnya. Soalnya bisa saja kehadiran artis itu malah memengaruhi suara kader asli partai yang sudah berjuang sejak awal,” ungkapnya.

Meski begitu, ia menilai peluang bagi petahana dan pendatang baru yang berasal dari kalangan artis dalam Pileg 2019, khususnya di dapil Kota Bekasi – Depok, hampir sama.

Petahana memiliki keunggulan pengamaman di lapangan dan sudah hafal dengan titik-titik suara. Sementara para pendatang baru mampu menjadi pilihan anyar bagi masyarakat.

“Jadi, masyarakat memiliki banyak pilihan melalui wajah-wajah baru yang mungkin juga mampu mendongkrak reputasi partai politik,” bebernya.

Adapun Angel Karamoy saat dihubungi Radar Bekasi mengaku siap bersaing dengan sejumlah caleg lainnya. Dirinya pun optimisi terpilih pada Pileg 2019 mendatang.

“Saya optimis. Semua punya peluang, begitu juga dengan saya,” tegasnya.

Baginya, niatan maju pada Pileg 2019, bukan berarti banting stir dari dunia entertainment. Melainkan, dirinya ingin mengikuti jejak Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, yang seorang perempuan dan sudah pernah menjadi Presiden RI.

“Jika kelak berhasil lolos ke Senayan, saya ingin masuk ke Komisi VIII DPR. Yaitu komisi yang menangani agama, sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” ucapnya.

Senada, Lucky Hakim (Nasdem) mengungkapkan, dirinya sudah paham betul bagaimana peta dapil Kota Bekasi – Kota Depok. Diketahui, dirinya pernah terpilih menjadi legislatif pada 2014 lalu lewat partai berbeda, yakni PAN. Bahkan, dirinya pernah mencalonkan menjadi wakil wali kota berpasangan dengan Dadang Mulyadi pada Pilkada Kota Bekasi 2012 lalu.

“Bebekal pengalaman, saya sangat optimis dapat meraih kursi di DPR RI. dan Nasdem memiliki wakilnya di parlemen lewat dapilKota Bekasi – Kota Depok,” tukasnya. (sar)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close