Budaya

Batik Bekasi jadi Percontohan

Radarbekasi.id – Anggota Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan keluarga (PKK) kabupaten Asahan, Sumatra Utara melakukan kunjungan ke workshop batik bekasi yang berada di jalan Bahagia nomor 640 kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya, kemarin.

Kehadiran mereka  bersama dengan beberapa perwakilan dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bekasi dan juga bersama beberapa pejabat lingkungan setempat.

Batik Bekasi jadi Percontohan
JADI PERCONTOHAN: Anggota TP PKK Kabupaten Asahan saat melakukan kunjungan ke salah satu workshop batik bekasi. kedatangan mereka untuk mempelajari proses produksi batik bekasi, kemarin.

Di tempat pelatihan memproduksi batik bekasi tersebut, anggota  PKK kabupaten Asahan berbincang-bincang mengenai proses memproduksi batik mulai dari mencanting, mewarnai hingga pelorotan batik Bekasi.

Pemilik rumah workshop batik, Sri Sunarni mengaku  berterimakasih rumah workshop batiknya menjadi salah satu tempat yang dikunjungi oleh TP PKK kabupaten Asahan yang datang ke Kota Bekasi pada kesempatan kali ini.

Ia juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pemerintah kota yang sudah ikut untuk memperkenalkan batik khas bekasi yang diproduksinya selama ini, dirinya juga mengaku sempat sharing bersama dengan TP PKK Kabupaten yang datang siang itu mengenai kearifan dan kekayaan lokal yang ada di Kabupaten Asahan.

“Saya berterimakasih kepada tau yang datang dari kabupaten Asahan dan juga pemerintah kota yang sudah membantu kami dalam memperkenalkan batik bekasi, kita pun sharing mengenai apa yang ada disana kita sharing-sharing,“ ungkap wanita yang akrab disapa bu Sri.

Tidak melewatkan kesempatan berkunjungnya kali ini, TP PKK Kabupaten Asahan juga sempat untuk berlatih membatik di rumah workshop pelatihan batik bekasi milik bu Sri tersebut selama berada di lokasi.

Sementara itu, pelatih membatik yang juga merupakan anggota Komunitas Batik Bekasi (KOMBAS), Achmad Maulana mengungkapkan bahwa kunjungan kali ini semacam studi banding yang dilaksanakan pada kesempatan kunjungan di Kota Bekasi.

Pada kesempatan itu juga dia mengungkapkan, TP PKK Kabupaten Asahan tersebut banyak mempelajari historis sampai munculnya Batik Bekasi sebagai kekayaan Kota Bekasi yang dipelopori oleh KOMBAS.

“Mereka study banding untuk melihat apa yang ada di Kota Bekasi, nah oleh sebab itu di Bekasi ada yang namanya Batik  Bekasi yang merupakan salah satu icon, sehingga mereka dari kabupaten asahan study banding terkait dengan batik bekasi,“ tuturnya. (sur)

Related Articles

Back to top button