Metropolis

Siap-Siap Pemadaman Bergilir

Radarbekasi.id – PT PLN (Persero) area Bekasi melakukan pemadaman listrik bergilir kepada sejumlah pelanggan rumah tangga di Kota maupun Kabupaten Bekasi.

“Pemadan listrik sejak semalam (Rabu), hari ini (Kamis) masih berlanjut,” kata Asisten Manajer PLN Area Bekasi, Yudho Rahadianto, melalui sambungan selulernya, kepada Radar Bekasi, kemarin.

Data yang berhasil dihimpun, pada Kamis (11/10) malam, pemadaman listrik terjadi diarea wilayah Bekasi Kota. Diantaranya, Ruko Sun City Square, Jalan Kalimalang, Kampung Jati, Ruko Kalimas, Kampung Jati Mulya, dan Kampung Jati Bulak, Jalan Agus Salim, dan Perumahan Bumi Anggrek.

Pemadaman juga terjadi di area wilayah Bantargebang. Diantaranya, Perumahan Rawa Lumbu Utara, Perumahan Narogong, Jalan Raya Cut Meutia, Perumahan Villa Meutia Kirana Rawa Panjang, Jalan Bambu Kuning Sepanjang Jaya, Jalan Pengasinan, Kampung Markan, dan Perumahan Pesona Metropolitan.

Yudho menjelaskan, pemadaman bergilir disebabkan karena menipisnya tinggi muka air (TMA) di waduk Jatiluhur yang mengakibatkan berkurangnya jumlah turbin pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang beroperasi. Kondisi ini membuat pasokan lisrik di Jawa dan Bali harus dikurangi, sehingga dilakukan pemadaman bergilir.

“Di Jawa Tengah dan Jawa Timur juga ada kuota padam. Kebetulan di Jawa Barat, tadi pagi Jawa Barat dapat jatah (pengurangan) 200 Mega Watt. Bekasi sekitar 40 Mega Watt,” tuturnya.

Pemadaman bergilir dilakukan setiap dua sampai tiga jam sekali. Setiap kali pemadaman, ribuan pelanggan rumah tangga perusahaan listrik negara ini terdampak padam.

“Setiap satu kali pemadaman, sekitar 10 ribu pelanggan rumah tangga yang terdampak dari pemadaman bergilir,” tuturnya.

PLN juga berupaya kerja sama dengan pelanggan industri untuk mengurangi beban pemakaian listrik, sehingga kondisi ini tidak seluruhnya dibebankan kepada pelanggan rumah tangga.

“Pelanggan industri kita minta untuk mengurangi pemakaiannya,” katanya.

Yudho memperkirakan, pemadaman bergilir akan berlangsung sampai dengan hari ini. “Sepertinya sampai Jumat. Itu kemungkinan,” tukasnya. (oke)

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button