Realtime

Biaya Perizinan Dihitung Berdasarkan Luas dan Type Bangunan

Radarbekasi.id – Kepala Bidang Penanaman Modal dan Perizinan Penanaman Modal pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi, Muhammad Said Ur menjelaskan, biaya untuk mengurus izin properti berbeda-beda. Biaya dihitung berdasarkan luas area, dan type bangunan.

“Jadi ada rumusnya, ini bangunan apa, misalkan bangunan industri, gudang, perumahaan beda-beda perhitungannya. Atas dasar perhitungan itu muncul nilai retribusi yang dibayarkan ke Bapenda,” ujas Said, Jumat (19/10).

Dengan demikian, kata dia, nominal pembayaran pengurusan perizinan properti itu relatif.  Pemohon juga harus membayar retribusi izin mendirikan bangunan (IMB).

Disinggung soal biaya perizinan pembangunan proyek Meikarta, Said tak tahu persis berapa jumlahnya. Yang jelas, kata dia, ada retribusi IMB yang sudah masuk ke kas daerah.

“Kalau itu saya tidak tahu persis nominalnya, tetapi yang sudah masuk ke retribusi daerah kurang lebih Rp100 miliar, soalnya saya bukan dibidang Retribusinya, dan itu IMBnya sudah keluar, jadi mereka memohon 53 tower, kemudian yang sudah keluar 24, sisanya masih proses,” tutupnya (pra).

Lebihkan

Artikel terkait

Close