Realtime

Lama Proses Perizinan Tergantung Pemohon

Radarbekasi.id – Praktik dugaan suap perizinan pembangunan properti  di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi, terungkap oleh KPK belum lama ini. Dugaan praktik suap perizinan yang melibatkan pengembang swasta Lippo Group ini untuk memuluskan proses perizinan proyek pembangunan Meikarta.

Pertanyaannya, berapa lama dan bagaimana sebenarnya proses perizinan properti sehingga praktik suap itu terjadi ?. Kepala Bidang Penanaman Modal dan Perizinan Penanaman Modal pada DPMPTSP Kabupaten Bekasi, Muhammad Said Ur menjelaskan, lama proses perizinan properti tergantung pemohon saat mengajukan melalui sistem online single submission (OSS).

“Kalau misalkan izin-izin sementara yang diminta, satu persatu sudah keluar dari OSS dalam jangka waktu satu jam. Ketika sudah mengisi data lengkap dan benar, sesuai permintaan sistem yang ada, satu jam izin-izinnya langsung keluar,” kata Said, Jumat (19/10).

Menurut dia, ada beberapa perizinan yang keluar sifatnya sementara dengan komitmen, seperti izin properti. Perizinan yang bersifat seperti itu tidak berlaku untuk kawasan industri. Mengutip Peraturan Pemerintah No. 24/2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, komitmen diartikan sebagai pernyataan pelaku usaha untuk memenuhi persyaratan izin usaha dan/atau izin komersial atau operasional.

“Jadi komitmen ini di OSS sebagai syarat atau kewajiban,” terangnya.

Lebih lanjut, kata dia, komitmen di OSS itulah yang menjadi notifikasi dan kewenangan di daerah terkait dengan penerbitan izin lingkungan, izin lokasi, izin mendirikan bangunan (IMB), dan sertifikat laik fungsi (SLF).Terkait komitmen izin lokasi, jelas dia, pemohon akan mengurus pertimbangan teknis pertanahan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN), maksimal selama sepuluh hari prosesnya.

Setelah mendapatkan pertimbangan teknis dari BPN, dibawa ke DPMPTSP dalam jangka waktu dua hari untuk dilakukan notifikasi. Selanjutnya, jika sudah sesuai dan disetujui, izin lokasi yang berlaku secara efektif diterbitkan.

“Setelah itu mengurus izin lingkungan, izin lingkungan yang dikeluarkan terkait properti itu juga masih bersifat sementara dengan komitmen. Komitmennya itu mengurus Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) ke Dinas Lingkungan Hidup, jangka waktunya 20 hari,” jelasnya. (pra).

Lebihkan

Artikel terkait

Close