Metropolis

Sampah Menumpuk di Sisi Kali

Radarbekasi.id – Bibir Kali Bekasi yang berada di Jalan Karang Satria Raya, Desa Karang Satria, Kecamatan Tambun Utara, dijadikan sasaran oleh warga sebagai tempat pembuangan sampah.

Pantauan Radar Bekasi, bibir Kali Bekasi sepanjang 50 meter yang berada di kiri jalan tersebut penuh dengan berbagai sampah rumah tangga yang menimbulkan bau menyengat dan merusak estetika kota.

Kepala Desa Karang Satria Zaenuddin mengaku,  sampah – sampah yang berada di pinggir Kali Bekasi tersebut tidak semua milik warganya melainkan warga diluar desanya.

“Kami sudah berupaya namun warga masih belum sadar membuang sampah pada tempatnya, itu sampah rata-rata yang buang pedagang pasar dan warga luar Karang Satria yang mengendarai sepeda motor seenaknya aja main lempar sampah itu,”katanya kepada Radar Bekasi, Jumat (19/10).

Menurut Zaenuddin, upayanya selama ini hanya sia-sia. Karena warga masih belum sadar membuang sampah sembarang yang akan berdampak pada lingkungan.

“Beberapa kali sudah kami pagerin dengan seng dan bambu namun tidak membuahkan hasil malah makin banyak sampahnya dan pada akhirnya kita laksanakan pemantauan di tempat itu hingga memergoki pengendara yang main lempar begitu saja sampahnya, dikejar, saya suruh ambil sampahnya kembali serta membuat surat pernyataan bahwa tidak lagi buang sampah di pinggir kali itu,”terangnya.

Ia mengklaim dari 30 RW 220 RT yang ada di Desa Karang Satria, tempat pembuangan sampah liar di wilayahnya menurun dari 6 titik menjadi 3 titik.

“Saya terus sosialisasikan kepada warga Karang Satria untuk menjaga lingkungannya dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan agar wilayah ini terbebas dari sampah liar serta tak bosan – bosan menyampaikan kepada RT RW agar terus disampaikan ke warganya agar pemukimannya indah, aman, dan nyaman” (Cr43)

Related Articles

Back to top button