Berita Utama

Pemkot Gandeng Pemerintah Pusat

Menyelesaikan Masalah Pencemaran Kali

Radarbekasi.id – Pemerintah Kota Bekasi, berencana akan berkomunikasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, untuk menyelesaikan masalah pencemaran kali di Kota Bekasi. Ya, kali Bekasi akhir-akhir ini kerap tercemar limbah industri.

“Dalam waktu dekat ini, kami akan menemui ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, agar permasalahan limbah ini cepat tertangani,”kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, saat melihat pencemaran di kali Bekasi.

Seperti di ketahui, pencemaran Kali Bekasi tak kunjung surut, bahkan seperti tak terkendali. Akibat tercemar, membuat air Kali Bekasi berwarna hitam pekat dan mengeluarkan bau amis dari ikan yang mati akibat keracunan.

Lokasi terdampak dari pencemaran Kali Bekasi pun meluas dan kondisinya kian memperhatikan. Karena selama ini Kali Bekasi merupakan sumber air baku bagi masyarakat Kota Bekasi. Produksi air bersih  sempat dihentikan karena limbah yang terkandung di dalam air baku tak bisa diurai. Misalnya, tingkat keasaman yang cukup tinggi, jauh melebihi baku mutu 4-7, serta kandungan logamnya.

” Akibat pencemaran limbah, yang membuat warna air berubah menjadi hitam, penuh dengan buih dan aroma bau yang menyengat, tentunya ini adalah masalah yang serius,” ujar orang nomor satu di Kota Bekasi ini.

Wali Kota Bekasi juga meminta agar ini menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan ditingkat lokal, provinsi dan pusat. Menurut nya semua pihak harus memikirkan dan bertindak nyata untuk menyelesaikan persoalan limbah yang kian parah merusak Kali Bekasi.

” Kota Bekasi sebagai korban, kita sangat tegas dengan persoalan ini. Kalau untuk pabrik yang di wilayah Kota Bekasi, jika ketahuan langsung bisa kita cabut izinnya, dan pernah juga kita segel. Namun jika memang pabrik yang bandel itu berada di wilayah Kabupaten Bogor tentunya kita hanya bisa kirim surat ke Dinas LH sana, Ya ini harus diselesaikan bersama, provinsi dan pusat juga harus melihat kondisi ini,” tegasnya.

Sementara itu, pencematan air Kali Bekasi mempengaruhi  produksi air bersih PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi.Kasubag Humas PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, Uci Indrawijaya mengungkapkan, saat ini produktifitas air Bersih PDAM Tirta Patriot bila dimaksimalkan bisa mencapai 750 liter/detik.

Sebab PDAM Tirta Patriot saat ini telah memiliki tiga Water Treatment Plant (WTP). Masing-masing WTP pertama mampu memproduksi air bersih 250 liter/detik, WTP dua 200 liter/detik dan WTP tiga mampu memproduksi 300 liter/detik. Namun saat ini dalam kondisi normal ke tiga WTP tersebut baru untuk mengolah air bersih  450 liter/detik.

“Ketiga WTP tersebut belum dimaksimalkan untuk  mengelola air bersih, bahkan akibat pencemaran air kali Bekasi produksi air bersih terpaksa kita kurangi sekitar 30 persennya,” kata Uci. (adv/humas)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close