Metropolis

Tiga Tahun Kali Penuh Sampah

Radarbekasi.id – Kondisi Kali Panggarutan di RT002 RW08, Desa Setia Asih, Kecamatan Taruma Jaya kondisinya memprihatinkan. Kali dengan panjang 200 meter lebar 8 meter tersebut di padati ribuan kubik berbagai macam sampah mulai styrofoam hingga bangku kayu bekas.

Selain sampah, pantauan Radar Bekasi, air kali juga berwarna hitam pekat hingga menimbulkan bau menyengat. Selain itu, kali juga dipadati lumpur dan jentik – jentik nyamuk serta aliran air tidak berjalan. Ironisnua, kondisi tersebut sudah bertahun-tahun tanpa adanya penanganan baik dari desa ataupun kecamatan.

Warga sekitar Namin (50) mengaku, kondisi kali panggarutan kondisinya yang di padati sampah tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2015 lalu. Sayangnya, hingga saat ini belum ada upaya dari pemerintah Kabupaten Bekasi untuk menyelesaikan masalah ini.

“Kalau warga swadaya membersihkan kali ini engga sanggup, liat sampahnya sudah padat gitu belum lumpurnya, sejak di padatinya kali ini dengan sampah warga sudah berkoordinasi dengan pihak desa namun sampai saat ini belum ada penanganan serius, masih dibiarkan saja,”katanya kepada Radar Bekasi, Minggu (21/10).

Menurut dia, warga setempat  mengaku siap untuk membersihkan sampah – sampah tersebut demi terciptanya lingkungan yang bersih, indah, aman dan nyaman.

“Saya siap bersama warga lainnya bergotong – royong untuk membersihkan sampah yang bertahun – tahun mengendap di kali panggarutan ini, kita butuh bantuan dari desa atau kecamatan untuk menyiapkan alat – alat seperti truk sampah dan alat berat untuk mengeruk lumpur. Dengan begitu lingkungan kita bersih, kalo begini  aja kapan bersihnya yang ada lingkungan kita di anggap kumuh. Kita butuh juga bak sampah agar warga sekitar tidak seenaknya membuang sampah di kali,”ucapnya.

Dengan demikian dirinya sangat berharap kepada Kepala Desa Setia Asih, Camat Taruma Jaya, untuk melakukan penanganan Kali Panggarutan secepatnya yang bertahun – tahun di padati sampah dan lumpur agar tercipta kali bersih bebas dari sampah. (Cr43)

Tags
Lebihkan

Artikel terkait

Close