Realtime

Ada Gempa di Sekolah Al-Azhar Syifa Budi, Murid Panik

Radarbekasi – Gempa bumi yang terjadi di Al-Azhar Syifa Budi, membuat sejumlah murid panik, Rabu (24/10). Para murid TK sampai SMP langsung berlindung dibawah meja kelas mereka. Setelah mendengar instruksi dari guru, perlahan mereka langsung keluar kelas masing-masing sambil menutup kepala menggunakan tas agar tidak tertimpa reruntuhan bangunan kelas.

Murid yang berhasil keluar kelas langsung berkumpul di lapangan sekolah, sambil menunggu situasi aman dan kondusif. Beberapa murid yang terluka dalam gempa ini langsung ditandu menuju ambulans untuk dibawa ke rumah sakit terdekat.

Kejadian gempa tersebut bukanlah sebenarnya, melainkan hanya simulasi yang dihelat oleh sekolah Al-Azhar Syifa Budi. Simulasi ini dikomandoi oleh Tim Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Andika Rakhman.

Menurut dia, simulasi ini dilakukan agar murid sekolah dapat mengerti cara menghadapi bencana gempa bumi yang belakangan ini sering terjadi di Indonesia.

“Kita (memang) tidak mengharapkan adanya bencana, tapi kita harus tetap waspada, karena tidak ada yang tahu kapan datangnya bencana,” ucap Andika.

Andika menjelaskan, sebelum simulasi dilakukan, para murid diberikan pemahaman teori berupa upaya penyelamatan saat terjadi gempa. Agar dalam praktiknya dapat berjalan dengan lancar.

“Simulasi ini sangat bermanfaat bagi adik-adik yang masih duduk dibangku sekolah. Agar mengerti melakukan evakuasi diri,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMP Al Azhar Syifa Budi, Siti Khadijah menuturkan, kegiatan ini sangat bagus dilakukan untuk mengedukasi murid mengenai pengetahuan bencana alam yang kerap terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia belakangan ini.

“Kalau seperti ini, murid bisa tahu cara mengevakuasi diri sangat bencana gempa datang. Terlebih sekolah kita kan bertingkat, ada tiga lantai, makanya perlu edukasi seperti itu,” tukasnya. (pra)

Related Articles

Back to top button