Politik

Parpol di Beksel Deklarasi Kampanye Pemilu Damai

Radarbekasi.id – Sejumlah instansi dan partai politik (parpol) menghadiri ‘Deklarasi Kampanye Pemilu Damai’ jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Anggota Legislatif (Pilleg) pada April 2019 mendatang.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Polsek Bekasi Selatan bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Bekasi Selatan tersebut dipimpin langsung Kapolsek Bekasi Selatan, Kompol Bambang SM, disaksikan Camat Bekasi Selatan, Tajudin, Sekretaris PPK Bekasi Selatan, Dedi M Irfan, serta Danramil 01/Kranji, Mayor Inf Rahmat Triono.

Kompol Bambang SM menjelaskan, pelaksanaan deklarasi ini merupakan program Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan atas perintah pimpinan, dalam hal ini Kapolda Metro Jaya, agar pemilu 2019 berjalan dengan lancar dan damai.

“Tujuan deklarasi damai ini untuk menjaga sinergitas antara unsur tiga pilar, yakni dari unsur Polri,TNI dan instansi pemerintahan, termasuk pantia penyelenggara dan peserta pemilu,’ ujar Bambang.

Menurut Bambang, kampanye damai juga bertujuan untuk mencegah tindak pidana dan penyebaran berita bohong (hoax), termasuk politik uang (money politic).

“Untuk pengawasannya nanti akan ada Panwas, sementara penanganan kasusnya dari unsur Polri dan Kejaksaan,” kata Bambang.

Sementara itu, Ketua PPK Bekasi Selatan, Faizal Rahman menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus parpol yang telah menandatangani kesepakatan kampanye damai tersebut.

“Alhamdulillah delapan puluh persen perwakilan dari parpol hadir dalam deklarasi kampanye damai, aman dan tertib,” ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya kesepakatan deklarasi kampanye dami ini, bisa menghindarkan kampanye “hitam” melalui penyebaran berita bohong. “Dengan demikian, masyarakat akan terhindar dari konflik dan perpecahan yang rawan terjadi pada saat pemilu,” terangnya. (sar)

Related Articles

Back to top button