Metropolis

Terpaksa Buang Sampah Dipinggir Jalan

Kelurahan Bahagia Minim Tempat Sampah

Radarbekasi.id – Sejumlah arga di Jalan Swadaya RT003 RW42, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, terpaksa membuang sampah ditepi saluran akibat tidak adanya bak sampah dirumahnya.

Menumpuknya sampah juga kerap dibakar oleh warga setempat sehingga mengganggu kenyamanan pengguna jalan, selain itu membuat kesan kumuh di wilayah tersebut, aroma yang dikeluarkan sampah pun terasa sangat menyengat.

Warga setempat Dodo (46) mengatakan terpaksa membuang sampah ditepi saluran lantaran tidak memiliki bak sampah di rumahnya.

“Engga ada bak sampah di rumah, saya cuma mengandalkan tempat sampah plastik aja, ya kalau penuh terpaksa buang disini engga ada tempat pembuangan sampah sementara juga, jadi ditumpuk ditepi saluran sampai sampah yang ada diambil petugas,”katanya kepada Radar Bekasi, Kamis (1/11).

Menurut dia, warga lainnya juga sudah melaporkan ke pihak kelurahan untuk bisa menyediakan bak sampah atau amroll agar warga setempat bisa tertib membuang sampah dan tidak membuang sampah sembarangan.

Sementara itu warga lainnya Wati (37) mengaku,  sudah lama berharap ada bak sampah atau amroll di wilayahnya agar masyarakat tidak membuang sampah ditepi saluran tersebut.

“Sudah lama saya ingin ada bak sampah disini, saya berharap dari pemerintah bisa menyediakan, agar engga kotor dan kumuh juga lingkungan, kami sadar membuang sampah disini salah, abis mau bagaimana lagi saya cuma berharap adanya tempat pembuangan sampah sementara,”ucapnya.

Terpisah Sekretaris Lurah Bahagia Mawardi mengakui,  tidak adanya tempat pembuangan sementara warga yang berada di jalan swadaya harus memanfaatkan tepian saluran untuk membuang sampah.

“Kita sudah mendapatkan keluhan warga tetapi kelurahan tidak mempunyai anggaran untuk menyediakan tempat pembuangan sampah sementara, kalaupun minta bak sampah atau amroll warga diharap melalui RT/RW di ketahui lurah dan camat untuk mengajukan proposal permohonan amroll kepada Dinas Lingkungan Hidup,”katanya.

Untuk mencegah semakin menumpuknya sampah ditepi saluran itu, kata dia, pihaknya memonitor ke wilayah secara rutin serta memberikan himbauan, penyuluhan agar warga bisa sadar bahwa kebersihan sangat penting untuk kesehatan dan keindahan.

“Saya harap warga tidak membuang lagi sampah ditepi saluran apalagi dibakar, itu salah, dan kami sedang berkoordinasi dengan kepala UPTD lab peralatan PUPR agar saluran itu bersih dari sampah,”tandasnya. (Cr43)

Related Articles

Back to top button