Cikarang

Kades Diduga Palsukan Ijazah Berpotensi Dicopot

Radarbekasi.id – Salah seorang kepala desa di wilayah Kecamatan Sukawangi, D, berpotensi dicopot dari jabatannya. Apabila, dugaan ijazah palsu yang selama ini berkembang ditengah masyarakat benar adanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Aat Barhaty mengatakan, sejauh ini pihaknya belum dapat memastikan apakah ijazah yang digunakan untuk pencalonan D asli atau palsu. Karena, untuk menentukan ijazah itu palsu atau tidaknya harus diperiksa ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi.

“Yang punya data itu Dinas Pendidikan, karena mereka yang mengeluarkan ijazah itu, karena kalau hanya keterangan dari kepala sekolah yang berbicara tidak bisa dibilang pemalsuan,” katanya, Jumat (2/11).

Aat tidak tahu kalau ternyata dugaan pemalsuan ijazah yang dilakukan oleh D telah dilaporkan ke pihak berwajib. Namun, apabila telah dialporkan nantinya polisi yang menentukan apakah ijazah tersebut asli atau tidak.

Jika tidak, maka pihaknya akan memberikan sanksi. “Berarti yang bersangkutan berarti tidak sah, di dalam SK apabila ada sesuatu yang tidak sesuai bisa di tinjau ulang. Untuk yang menggantikannya sementara PJ, dan yang menentukan itu Bupati,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Teten Kamaludin mendesak DPMD Kabupaten Beaksi untuk bertindak cepat menangani permasalahan ini.  Hal itu untuk mencegah terjadinya kekisruhan di tengah masyarakat.

“Sudah pasti ini menjadi perbincangan hangat diwilayah tersebut, dan yang pasti ada warga atau pihak desa yang tidak terima dengan dugaan ini, jangan sampai kisruh, DPMD baru bertindak,” tegasnya.

Selain itu, dugaan pemalsuan ijasah ini sudah dilaporkan ke Polres Metro Bekasi. Hal tersebut dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi, AKBP Rizal Marito. Menurutnya, laporan tersebut akan dicek dulu, nanti setelah itu dilakukan penyelidikan.  “Masih kita selidiki,” singkatnya beberapa waktu lalu. (pra)

Lebihkan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =

Close