Realtime

Kadisdik : Perbaikan Sekolah Bisa Minta Dana CSR

Radarbekasi.id – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, M.A Supratman menyatakan, Kepala Sekolah SDN Sukamurni 01 harus memutak otak supaya tiga ruang kelas yang ambruk dapat segera diperbaiki. Dengan demikian, para murid tidak lagi belajar dengan lesehan.

Menurut pria yang akrab disapa Supratman, kepala sekolah seperti halnya seorang manager yang memiliki kewenangan tinggi. Walaupun bebannya juga semakin besar.

“Karena dia (kepala sekolah) sebagai manager, dia sebenarnya bisa saja berimprovisasi. Misalnya, memanggil para alumni agar bisa membantu perbaikan sementara, karena sekolah tua itu pasti alumninya sudah banyak atau juga bisa minta dana corporate social rensponbility (CSR),” tuturnya, Jumat .

Supratman berharap, kepala sekolah harus memutar otak untuk tidak mengandalkan perbaikan sekolah melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sebab, dana dari pemerintah tidak bisa cair dalam waktu yang singkat.

“Untuk sekarang tidak ada anggaran. Kalau pun ada, anggaran itu tidak bisa turun dadakan. Manager itu pemecah masalah, jadi harus bisa memecahkan masalah ini,” katanya.

Ia menambahkan, perbaikan sekolah yang dianggap sudah tidak laik akan dialokasikan pada 2019. Pihaknya, sudah mengusulkan perbaikan ke Dinas PUPR.

“Kita akan melakukan pendataan sekolah mana saja yang harus direhab atau perbaiki. Tahun depan agenda dana APBD untuk perbaikan sekolah semua,” katanya.

“Kebanyakan sekolah yang akan direhab, sekolah yang sudah ada dari sekolah yang namanya impres karena sudah lama butuh perbaikan,” tukasnya. (pra)

Related Articles

Back to top button