Realtime

Komisi IV Sepakat Perbaikan Sekolah Ambruk Bisa Minta Dana CSR, Tapi…

Radarbekasi.id – Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi sepakat dengan pernyataan Kepala Dinas Pendidikan agar Kepala Sekolah SDN Sukamurni 01 meminta bantuan dana corporate social rensponbility (CSR) ke pihak swasta untuk perbaikan tiga ruangan yang ambruk.

“Saya setuju itu, tapi jangan dijadikan opsi pertama. Dinas Pendidikan harus mengirim surat ke Dinas PUPR, minta tindakannya perbaikan atau bagaimana, siapa tahu ada perbaikan untuk peliharaan perbaikan bangunan negara,” ujar anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno, Minggu (4/11).

Menurut Nyumarno, perbaikan ruang sekolah memang bukanlah kewenangan Disdik. Namun, Disdik harus tetap berkoordinasi dengan Dinas PUPR terkait kondisi sejumlah ruangan sekolah yang ambruk tersebut.

 “Komisi IV sudah menyampaikan ini ke Dinas PUPR, dan Bapeda pada dua hari lalu mengenai sekolah yang ambruk. Pada prinsipnya Dinas Pendidikan harus berkordinasi dengan Dinas PUPR. Jadi antar Dinas komunikasinya harus nyambung,” tuturnya.

Lebih lanjut, apabila koordinasi kedua dinas tidak menghasilkan solusi, barulah Disdik bisa mengarahkan kepada kepala sekolah untuk meminta bantuan dari pihak swasta. Sebab, perbaikan atau pendirian sekolah negeri merupakan tanggung jawab pemerintah.

“Jadi menurut saya, Dinas Pendidikan harus punya kewenangan dan tanggung jawab. Lalu baru mengandalkan swasta, jadi semerta-merta jangan swasta terus,” tutupnya (pra).

Close