Cikarang

256 CPNS Tidak Ikut SKD

Radarbekasi.id – Sebanyak 256 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Sehingga, dari 2412 yang telah lulus administrasi sebanyak hanya 2156 mengikuti TKD.

Kepala Bidang Pengembangan Karir ASN pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bekasi, Agus Budiono menerangkan, para CPNS memasuki seleksi SKD yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Agus menjelaskan, para CPNS harus mengerjakan 100 soal dari tiga jenis soal pada tahapan SKD. Diantaranya, tes wawasan kebangsan, tes karakter pribadi, dan tes intelejen umum.

Dari SKD tersebut, BKN mempunyai nilai ambang batas yang ditentukan. Sehingga para CPNS sudah mengetahui apakah bisa melewati nilai ambang batas. “Ya memang ini seleksi CPNS masih tahapan awal. Dan perlu diketahui ini nantinya setelah SKD, BKN kembali melakukan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),” ujar Agus.

Lanjut dia, bagi para CPNS yang sudah memiliki nilai di atas ambang batas yang sudah ditentukan oleh  BKN, akan dilakukan peringkat nilai tertinggi yang akan mengikuti SKB. “Jadi formasi yang sudah ditentukan tetap 365, namun untuk menemukan angka tersebut harus melewati berbagai seleksi yang sudah ditentukan BKN,” tuturnya.

Dimana untuk 365 formasi tersebut terbagi empat jalur. Diantaranya jalur umum, K2, mahasiswa berprestasi dan disabilitas,”ujarnya.

Sementara itu salah satu CPNS yang mengikuti SKD, Ayu Lestari menuturkan, dirinya tidak lulus lantaran nilainya tidak memenuhi ambang batas yang sudah ditentukan BKN. “Ya saya sudah mengikuti seleksi setelah sebelumnya sudah lulus administrasi. Tapi karena nilainya tidak memenuhi jadi tidak lulus,” terangnya.(and)

Lebihkan

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − five =

Close