Realtime

Bawaslu Temukan Ratusan Pemasangan APK di Tempat Terlarang

Radarbekasi.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi menemukan banyak pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang dilakukan oleh tim sukses di wilayah setempat.

“Pada prinsip kami memonitor ada ratusan pelanggaran (pemasangan APK) yang ditempel di gedung sekolah, fasilitas kantor desa, maupun beberapa tempat lainnya yang dilarang,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, Syaipul Bahri, saa ditemui di Mapolres Metro Bekasi, Rabu (7/11).

Temuan pemasangan APK di tempat terlarang itu berdasarkan monitoring yang dilakukan oleh Bawaslu, serta Panwas tingkat kecamatan maupun desa di Kabupaten Bekasi.

Saat ini, beberapa APK yang terpasang ditempat terlarang sudah dilakukan pencopotan meskipun baru sebagian. Diantaranya 10 spanduk di depan SMAN 1 Cikarang Utara, termasuk Muaragembong.

“Artinya kalau menyangkut APK bukan ranah Kabupaten, tapi dilevel bawah. Kami hanya mendorong agar APK yang di paku dipohon bisa ditertibkan,” ujarnya.

Hingga kini, pemasangan APK di pohon masih banyak dilakukan oleh tim sukses. Meskipun dalam regulasi PKPU tidak diatur, namun tetap dilarang karena telah diatur berdasarkan Undang – Undang Lingkungan dan Perda K3

“Sehingga dalam minggu ini saya bersama Satpol PP, KPU, serta stakeholder partai politik akan berkoordinasi dalam rangka menertibkan itu. Kalau alat peraga itu masuknya ke ranah pelanggaran admistrantif,” tukasnya.

Bawaslu menghimbau kepada seluruh pengurus partai politik apabila menemukan APK yang terpasang di pohon agar melaporkan ke liaison officer (LO) atau petugas penghubung atau berkoordinasi dengan panwas untuk diturunkan.

“1X24 jam tidak ada respon dari partai politik maupun calon, tentunya panwascam dan kasi trantibnya akan melakukan pencopotan,” tukasnya. (pra)

Related Articles

Back to top button