Realtime

Jelang Pemilu 2019, Polres Metro Bekasi Lakukan Sispamkota

Radarbekasi.id – Polres Metro Bekasi melakukan Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka operasi Mantap Brata Jaya 2018 untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Bekasi. Kegiatan yang dilakukan bersama KPU, Panwaslu, Perwakilan Pemerintah, serta Satpol PP setempat ini, berlangsung di Mapolres Rabu (7/11).

“Simulasi dilakukan untuk mengantisipasi adanya kerusahaan saat pelaksaan pemilu, dan cara penanganannya seperti apa. Sehingga dapat menciptakan situasi kamtibnas yang kondusif pada pemilihan umum 2019,” terang Wakapolres Polres Metro Bekasi, AKBP Luthfie Sulistiawan, dilokasi simulasi.

Dijelaskannya, sebelum simulasi dilakukan para personel polisi diberikan pembekalan tentang peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pemilu, kewajiban, maupun larangan bagi anggota polri saat pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Simulasi yang melibatkan 1.117 personel ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang kewajiban mapun larangan bagi anggota polri maupun komponen lain saat pemilu tahun depan.

“Setelah itu kita lanjutkan dilapangan, mulai dari kegiatan pengamanan kampanye, masa tenang, sampai proses pemilihannya, dan kita asumsikan ada bebebrapa kejadian, sehingga penanganan yang tepat seperti apa, peran Polri seperti apa, dan peran masing-masing departemen seperti apa,” tuturnya.

Untuk rangkaian kampanye, kata dia, sudah mulai berjalan. Namun hari ini kembali dilakukan guna mencari tahu kekurangan dalam kesiapan maupun pengamanan petugas kepolisian. Karena rangkaian kampanye masih cukup panjang waktunya, pihaknya selalu menyampaikan kepada personil, termasuk para Kapolsek yang membawahi diseluruh kecamatan agar memperhatikan pengamanan.

“Kita selalu sampaikan, jangan sampai karena rangkaian kampanye yang panjang, pengamanan lengah. Sebenarnya rangkaian sama seperti Pilgub maupun yang lainnya, tidak ada perbedaan secara krusial,” tukasnya (pra).

Related Articles

Back to top button