Metropolis

BPBD Siaga 24 Jam

Radarbekasi.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi bakal bersiaga selama 24 jam untuk mengevakuasi warga di daerah Kota Bekasi jika menjadi korban banjir. Pasalnya, sejumlah wilayah di Kota Bekasi teridentifikasi kerap mengalami banjir karena tingginya intensitas curah hujan.

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Bekasi, Eddy Sukamto mengatakan, aka nada sebanyak 50 personil yang diterjunkan. “Kita akan siagakan petugas dilokasi-lokasi yang sering banjir seperti di Perumahan IKIP dan lokasi lainnya yang sering tergenang air,” kata Eddy, Rabu (7/11).

Pihak BPBD juga telah menyiapkan peralatan seperti perahu, tenda dan peralatan lainnya yang bakal digunakan untuk mengevakuasi manakala terjadi banjir.

“Saya berharap persiapan ini bisa maksimal membantu saudara-saudara kita yang kena banjir,  tapi saya menghimbau kepada rumah yang dekat dengan kali untuk siap siaga terhadap banjir kiriman dari kali di Kabupaten Bogor,” harapnya.

Pasalnya, jika intensitas hujan tinggi, maka perumahan dan warga yang berada dipinggiran Kali Bekasi bisa terkena banjir setinggi satu meter lebih.

“Banjir di Kota Bekasi dibagi menjadi dua kategori, yakni banjir lokal dan banjir kiriman. Banjir kiriman Bogor ya sepanjang aliran Sungai Bekasi seperti komplek Pondok Gede Permai, Jatirasa, Jakasetia, Perumahan Taman Villa Kartini, Perumahan Villa Nusa Indah , dan lainnya. Jadi kami menghimbau kepada masyarakat untuk siap siaga hadapi banjir Kiriman dan banjir Lokal, terlebih lagi rumah-rumah yang memang berada di pinggir kali Bekasi itu rawan banjir, ” tutupnya.(pay)

Related Articles

Back to top button