Metropolis

Maksimalkan Peran Puskesmas

Radarbekasi.id – Warga Kota Bekasi yang telah memiliik Kartu Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (KS-NIK) diharapkan untuk memaksimalkan peran Puskesmas yang ada diwilayahnya. Hal itu dapat dilakukan dengan mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, jika terjadi sakit ringan ataupun tidak berbentuk sakit kronis, cukup datang ke Puskesmas yang sudah tersedia.Namum, jika kronis bisa langsung ke rumah sakit milik Pemerintah ataupun swasta yang terdekat.

“Pelayanannya (KS-NIK) tidak ada yang berubah, jika pusing, sakit perut, sakit gigi, datang saja ke Puskesmas terdekat akan dliayani sama dengan Rumah Sakit, Mari kita tingkatkan antusias kepada Pelayanan Kesehatan di Puskesmas” katanya dalam sosialisasi mengenai pemanfaatan KS NIK di Gedung Kesenian, Rawalumbu, Rabu (7/11) malam.

Pria yang akrab disapa Pepen ini menyatakan, KS NIK bisa digunakan di 39 RS di Kota Bekasi dan 20 RSdi luar Kota Bekasi. “Jika ada rumah sakit yang menolak warga yang akan berobat terutama warga Kota Bekasi, maka akan kita cabut izin operasi nya,” ujarnya,

Rencananya, pada tahun 2020 nanti warga Kota Bekasi yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan cukup hanya dengan menggunakan KTP el. Karena, NIK sudah tersistem mellui NIK dan setiap RS swasta juga akan memakai pelayanan seperti itu.(sur)

Related Articles

Back to top button