Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan Bayarkan Klaim Rp326 miliar

Radarbekasi.id – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bekasi Kota telah membayarkan klaim sekitar Rp326 miliar sampai dengan 31 Oktober 2018.

Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bekasi Kota, Khomsan Hidayat, menjelaskan pembayaran klaim itu untuk program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JPN).

Rinciannya, pembayaran klaim JHT sekitar Rp296 miliar untuk 20.961 peserta, JKM sekitar Rp168 juta untuk tujuh peserta meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja, JKK sekitar Rp26 miliar untuk 3.104 kasus, dan JPN sekitar Rp3,1 miliar untuk 5.285 peserta.

Menurutnya, pembayaran klaim JHT paling besar karena proses pencairan tidak bergantung dengan lamanya kepesertaan. Sehingga setelah karyawan habis masa kontrak kerjanya langsung mencairkan dana tersebut.

“Regulasinya memang memperbolehkan, sehingga peserta cenderung langsung mengambil JHT. Ini juga karena mungkin kebutuhan yang mendesak,” ujarnya, kemarin.

Meskipun demikian, BPJS Ketenagakerjaan tetap mengedukasi masyarakat agar tidak langsung mengambilnya setelah habis masa kontrak kerja karena bisa dilanjutnya di tempat kerja yang baru. Apalagi, peserta juga akan mendapatkan hasil pengembangan JHT.

“Peserta bisa mendapatkan hasil pengembangan atau bunga diatas bunga pasar. Disaat bunga bank umum 6 persen, kita sudah 7 persen. Sekarang sudah 8 persen lebih. Intinya diatas bunga bank umum,” tuturnya.

Khomsan menambahkan, dalam rangka meningkatkan layanan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan, pihaknya melaksanakan program Rebo Nyunda. Dalam program setiap Rabu ini, suasana layanan kantor dibuat berbudayakan sunda.

Mulai dari karyawan yang menggunakan totopong (penutup kepala khas sunda), pemutaran musik sunda, sampai penyediaan makan dan sunda, seperti bajigur, kacang rebus, dan pisang rebus.

“Dengan adanya layanan yang lebih spesial setiap Rabu ini bisa menambah loyalitas peserta kepada BPJS Ketenagakerjaan. Diharapkan peserta bisa menceritakan kepada peserta lain bahwa layanan BPJS Ketenagakerjaan sudah semakin bagus,” ungkapnya.

Selain itu, peningkatan layanan juga dilakukan dengan pemberian hadiah menarik bagi peserta yang bisa menjawab kuis seputar pertanyaan tentang BPJS Ketenagakerjaan. (oke)

Related Articles

Back to top button