Berita Utama

Bekasi Diterjang Banjir

Sekolah Hingga Mapolsek Terendam

Radarbekasi.id – Tingginya curah hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Kota Bekasi, membuat perumahan, sekolah dan perkantoran terendam banjir, Minggu (11/11).

Salah satu perumahan yang terdampak ialah Perumahan Narogong, Kecamatan Rawalumbu. Di perumahan tersebut, air mulai menggenangi jalan sekitar pukul 14.30.

Salah satu warga, Wawan (24) menyatakan, wiilayah tersebut kerap menjadi langganan banjir ketika hujan deras. Kali yang ada di lokasi tersebut, meluap dan menutupi jalan.

“Tiap hujan deras pasti banjir disini. Ini sekarang selutut orang dewasa,” katanya kepada Radar Bekasi kemarin.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mencatat ada lima kecamatan yang diguyur hujan, Minggu (11/11). Diantaranya, Rawalumbu, Jatiasih, Jatisampurna, Bantargebang dan Mustikajaya.

Wakil Ketua Satgas Penanggulangan Bencana pada BPBD Kota Bekasi, Karsono mengatakan, sekolah dan perkantoran yang terendam banjir berada di wilayah Rawalumbu dan Jatiasih.

“Beberapa sekolah SD di wilayah Rawalumbu. Narogong, Puskesmas di Rawalumbu tergenang air. Di Jatiasih lingkungan perkantoran, Polsek Jatiasih, Koramil di depannya, kemudian ada juga sekolah SMP dan SMA,” katanya kemarin.

Dia menyatakan, ketinggian air yang menggenangi perumahan, sekolah dan perkantoran tersebut bervariasi. Antara 40 hingga 100 sentimeter. “Untuk rumah (warga) masih belum kita perkirakan jumlahnya, kurang lebih ratusan rumah (terendam banjir),” ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada saat memasuki musim penghujan dan tidak membuang sampah sembarangan. “Selamatkan harta berharga seperti surat surat. Waspadai arus deras dan jaga anak-anak kecil,” tuturnya.

Terpisah, Kordinator Pusdalops BPBD Kota Bekasi, Aditya menambahkan, terdapat sejumlah wilayah di tiga kecamatan yang terdampak banjir. Tiga kecamatan itu antara lain Jatiasih, Bantargebang dan Rawalumbu.

Berdasarkan hasil monitoring kewilayahan, kata dia, tinggi air di wilayah Kecamatan Jatiasih antara 60 hingga 100 sentimeter. Rawalumbu antara 30 hingga 60 sentimeter dan Bantargebang sekitar 60 sentimeter.

Dia menyatakan, banjir juga menggenangi Jalan Raya Siliwangi dari Kantor Kelurahan Bojongmenteng sampai Kecamatan Bantargebang. Tingginya sekitar 40 sentimeter.

“Penyebabnya dikarenakan drainase tidak berfungsi secara maksimal sehingga air menggenang di bahu jalan yang menyebabkan terjadinya kemacetan di jalan,” ujarnya. (neo)

Related Articles

Back to top button