Metropolis

Bekasi Tempo Doeloe di Hari Pahlawan

Dimeriahkan Perlombaan Hingga Edukasi Sejarah Bekasi

Sejumlah Komunitas yang ada di Bekasi, memiliki cara tersendiri dalam memperingati hari Pahlawan 10 November kemarin. Seperti apa?

Halaman Gedung Juang yang berada di Tambun Selatan telihat meriah. Sejumlah tenda berbagai ukuran terpasang mulai dari pintu masuk halaman gedung yang kental dengan sejarah perjuangan. Sementara itu, sejumlah warga terlihat mengenakan berbagai pakaian adat betawi dan kostum pahlawan.

Ya, sejumlah komunitas di Kota Bekasi hari itu memeriahkan perayaan hari pancasila dengan berbagai kegiatan, mulai dari upacara pengibaran bendera, meledakkan petasan, penampilan tarian khas Bekasi, Talk Show, dan masih banyak lagi.

Di acara ini dibuka stand untuk yang ingin berjualan, tetapi makanan atau minuman khas jaman dulu, selain itu komunitas ini mengadakan lomba Cosplay Kostum Jadul, lomba Fotografi On The Spot, dan Rebut Dandang. Event ini dibuka pada jam 08:00 hingga 21:00  WIB.

Kegiatan dengan tema Bekasi Tempo Doeloe ini berlangsung meriah. Ratusan warga Bekasi hadir untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Sejumlah komunitas hadir dalam kegiatan ini, seperti Komunitas Historika Bekasi, mereka adalah kumpulan orang-orang yang ingin mengetahui sejarah yang ada di Bekasi. Karena di Kota Patriot ini masih kurang orang mengetahui kisah asli dan peninggalan yang ada di Bekasi tersebut.

“Ada lomba fotografi, lomba kostum jadul, rebut dandang. Selain lomba-lomba kita juga ada perform atau penampilan-penampilan, nah untuk penampilan acaranya itu sendiri kita mengambil sekolah-sekolah yang ada di sekitaran Bekasi,” ujar ketua panitia acara Bekasi Tempo Doeloe, Muhsin Makbrur.

Pria yang akrab disapa Bang Muhsin  mengaku, kegiatan ini memiliki sisi edukasinya yaitu Talk Show bersama sejarawan dan penulis buku sejarah Bekasi. “Selain penampilan kegiatan edukasi yang kita sajikan disini talk show yang menghadirkan tiga narasumber dan berjudul Bekasi punya Sejarah, ini hal penting bagaimana kita harus mengetahui sisi sejarah yang ada di bekasi.”terangnya.

Dia berharap, kedepan pemerintah Bekasi menyediakan Museum untuk  tempat peninggalan benda bersejarah,”Saya si pengen banget pemerintahan Kota maupun Kabupaten Bekasi mendukung untuk membangun museum untuk sejarah yang ada dibekasi ini,” tutupnya.

Sementara itu, penulis buku sejarah Bekasi Endra Kusnawan memaparkan, bekasi kaya akan sejarah perjuangan seperti darah lainnya yang ada di Indonesia,”Bekasi nih kalo di kupas dalem, banyak peninggalan bagunan bersejarahnye. Pahlawan Bekasi yang terkenal KH. Noer Ali yang mana dia juga adalah pendiri pesantren At-Taqwa di daerah babelan. Dulu Bekasi punya kerajaan namanya tarumanegara, selain itu punya Candi juga namanya Candi Jiwa yang ada dikerawang, banyak orang bertanya bekasi punya sejarah atau tidak, peninggalannya apa saja itu yang bikin saya miris dengernya. Padahal kalo kita telusuri tuh banyak banget peninggalannya. Candi aja nih ya itu Candi terlama yang ada di Indonesia, tapi sayangnya orang banyak gak tau.”terangnya.(*)

Related Articles

Back to top button