Metropolis

Warga Sambut Baik Pelayanan Adminduk di Kecamatan

Radarbekasi.id – Warga Kota Bekasi menyambut baik pelayanan administrasi kependudukan di seluruh kecamatan. Karena, jarak yang mereka tempuh relatif dekat.

Salah satu warga, Rizki yang sedang mengurus KTP-el di Kantor Kecamatan Bantargebang menyambut baik program pelayanan adminduk di kecamatan. Karena, ia tidak perlu membuang waktu dan jarak lebih lama.

“Ya senang atas kebijakan pemerintah Kota Bekasi sudah di perdekat lagi, sekarang cukup sampai di kecamatan, tak perlu jauh ke kantor dukcapil kota. Jarak jadi dekat dan mengurusnya juga tidak rumit, seperti tahun sebelumnya,” katanya, Senin (12/11).

Senada, hal tersebut juga disampaikan warga Kecamatan Medansatria, Syawiah. Ia mengaku semakin mendapat kemudahan.

“Ya karna banyak pegawai di kecamatan kalau tidak dipergunakan untuk mengurus keperluan penduduk untuk apa mereka banyak petugas di kecamatan. Saya harap ini terus dilakukan karena bisa memperkerjakan pegawai yang ada di kecamatan dan juga di kelurahan, dan saya pinta petugas jangan jadi calo.” ungkapnya.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, Jamus mengatakan, dengan adanya program tersebut maka antrean di kantor Disdukcapil relatif berkurang.

“Ya tidak seperti kemarin-kemarin sangat membludak antriannya. Ya ada yang datang namun tidak banyak, rata-rata masyarakat yang datang hanya menanyakan saja informasi yang lebih jelas,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengatakan, untuk di hari pertama, kendala pelayanan di 12 Kecamatan yang terjadi dapat diminimalisir dan ditanggulangi secara cepat.

“Ya tentunya tidak bisa dikatakan berjalan mulus, ada kendala namun sedikit dan langsung segera kita selesaikan, tentunya pada tiap jam nya kita selalu monitoring. Rata-rata untuk diwilayah kendala jaringan namun itu semua dapat ditangani dengan cepat. Alhamdulillah untuk pelayanan dan pelaksanaan lancar,” kata Jamus.

Jamus, juga menambahkan untuk mempermudah masyarakat, saat ini juga sudah tersedia aplikasi simpaduk.bekasikota.go.id untuk pengajuan KTP-el baru, dan tarik data kedatangan penduduk (SKDWNI).

Sebelumnya, Pelayanan adminitrasi kependudukan  (adminduk) seperti KTP-el, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran atau Kematian akan dapat diproses dan diurus pelayananya di seluruh Kecamatan di Kota Bekasi  mulai hari ini, Senin (12/11). Demikian hal tersebut disampaikan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

Rahmat mengatakan, hal ini dilakukan untuk memperpendek jarak pelayanan dan mempermudah akses warga masyarakat dalam mendapatkan pelayanan data kependudukan  di Kota Bekasi ,

“Inovasi dan terobosan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sangat penting, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang merasa dirugikan dari segi waktu dan lainnya,” katanya melalui keterangan tertulis, Minggu (11/11). (pay)

Related Articles

Back to top button