Metropolis

Bakal Disulap Seperti Lapangan Gasibu Bandung

Lapangan Multiguna

Radarbekasi.id – Sejumlah sarana dan prasarana yang ada di Lapangan Multiguna yang berada di Jalan Juanda, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur terlihat tidak terawat belakangan ini. Meskipun, sebelumnya sempat dilakukan renovasi di lapangan tersebut.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bekasi, Tedy Hafni mengatakan, lapangan itu akan dibenahi dengan menggunakan dana hibah anggaran tahun 2019 dari Provinsi Jawa Barat. Pihaknya juga telah melihat langsung kondisi lapangan dan Gedung Pemuda itu memang tidak terawat.

“Saya kemarin sudah lihat langsung, rencana kedepan akan dikembangkan jadi tempat pusat kegiatan masyarakat. Dan juga sekaligus tempat rekreasi masyarakat kota bekasi supaya lapangan multiguna bisa bermanfaat lagi. Kita punya keinginan lapangan itu seperti Lapangan Gasibu Bandung. Ini kita lagi persiapkan gambar desainnya dahulu. Insya Allah pengerjaan tahun 2019, dengan dana Pemprov Jabar,” katanya saat dihubungi Radar Bekasi, Selasa (13/11).

Menurutnya, akan dilakukan penambahan dan perbaikan sejumlah fasilitas di lapangan tersebut. Mulai dari rumput lapangan, jogging track hingga tribun penonton.

“Pertama di lapangan kita akan benahi drainasenya. Selama ini hujan pasti sudah seperti kubangan gitu. Ya kurang representatif lah, nanti kita betulkan. Kita siapkan fasilitas untuk olahraga lainnya seperti alat-alat gym. Gedung Pemuda dekat situ juga bakal kita perbaharui,” ucapnya.

Selain itu, juga akan ada penambahan fasilitas seperti lampu penerangan, taman, bangku, toilet hingga tempat parkir. Tidak hanya pusat olahraga saja, lokasi itu jadi tempat rekreasi terpadu. Ada sarana olahraga, tempat nongkrong dan lokasi kuliner.

“Jadi pedagang sekitar situ juga akan ditata kembali untuk berjualan disekitar situ. Termasuk parkiran jangan sampai semrawut. Karena Lapangan Multiguna memiliki luas sekitar dua hectare, saya rasa cukup itu semua kalau ditata dengan baik,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, nantinya Pedagang Kaki Lima (PKL) di lapangan tersebut bakal ditata. Sehingga, lokasi itu bisa jadi tempat yang ramah untuk masyarakat Kota Bekasi. Khususnya, agar dapat dimanfaatkan para pemuda.

“Kota Bekasi ini belum lama mendapat dua anugerah 2017 dan 2018 sebagai kota layak pemuda. Penghargaan itu juga bisa direpresentasikan di Lapangan Multiguna, jadi lokasi kumpul anak-anak muda Kota Bekasi kedapannya.” Putusnya.

Kendati demikan, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia Kota Bekasi, Benny Surya mengharapkan adanya pembenahan di areal lapangan multiguna. “Terlebih lagi untuk gedung pemudanya, dimana gedung tersebut sebagai sekretariat atau kantor pengurus DPD KNPI Kota Bekasi. Sehingga, gedung para penerus generasi Kota Bekasi tersebut sangat representatif untuk dihuni,” katanya.

Pihaknya juga mengharapkan agar lapangan tersebut dapat menjadi pusat kegiatan pemuda di Kota Bekasi seprti Gelanggang Remaja di Rawamangun (Jaktim) dan Gelanggang Pemuda di Bulungan, Jakarta Selatan.

“Sehingga ada pemusatan kegiatan yang sifatnya kreatif dan positif bagi pemuda dan masyarakat Kota Bekasi. Satu hal keinginan kami di areal tersebut dapat dibangun monumen kota layak pemuda,” ujarnya.

Karena, Kota Bekasi telah dua kali berturut – turut mendapatkan penghargaan sebagai Kota Layak Pemuda. (pay)

Related Articles

Back to top button