Cikarang

Pelanggar Operasi Zebra Menurun

Radarbekasi.id – Satlantas Polres Metro Bekasi melakukan penindakan tilang terhadap 7.155 pelanggar lalu lintas selama masa Operasi Zebra sejak 30 Oktober sampai 12 November kemarin. Jumlah pelanggaran mengalami penurunan 10 persen dibandingkan tahun lalu.

Selama masa operasi, pihaknya kepolisian menyita 1.902 SIM, 5.131 STNK, serta mengamankan 122 kendaraan roda dua yang tidak sesuai standar dan tidak dilengkapi surat lengkap.

Kasatlantas Polres Metro Bekasi, AKBP Heru Purnomo mengatakan, sepanjang operasi zebra ditemukan berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara roda dua maupun roda empat. Selama operasi, pihaknya menerapkan 80 persen upaya preventif.

“Dibandingkan dari tahun sebelumnya, ada penurunan pelanggaran. Namun, tidak terlalu signifikan. Paling hampir sepuluh persen dari angka sekarang,” ucapnya, Selasa (13/11).

Menurutnya, menurunnya jumlah pelanggaran tidak terlepas dari rutinnya kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Satlantas, baik melalui edukasi disekolah, maupun pemasangan alat peraga keselamatan berlalu lintas.

Namun, tidak bisa dipungkiri, angka penurunan juga bisa disebakan karena faktor cuaca. Pasalnya, selama operasi zebra cuaca tidak mendukung, sehingga operasi dimulai setelah hujan berhenti.

“Tahun ini memang kita rutin melakukan sosialisasi, sehingga angka pelanggaran menurun. Tetapi faktor cuaca juga bisa membuat penurunan angka tersebut,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat Kabupaten Bekasi untuk terus tertib berlalu lintas, dan mengutamakan keselamatan saat berkendara. Pasalnya, penyebab kecelakaan akibat kelalaian pengendaranya sendiri.

“Kelalaian manusia menjadi salah satu faktor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas, oleh karena itu, tertib dalam berkendara menjadi suatu hal yang sangat penting,” tutupnya.(pra)

Lebihkan

Artikel terkait

Lihat Juga

Close
Close