Teknologi

Terbantu dengan Polder Air

Radarbekasi.id – Keberadaan Polder air yang dibangun warga Perumahan Pondok Ungu Permai Sektor V, RT004 RW045, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, sangat dirasakan manfaatnya.

Keberadaan polder air yang dibangun warga berdasarkan inisiatif tersebut untuk mengantisipasi banjir dan terjadinya kekeringan pada saat kemarau.

“Alhamdulilah dengan adanya polder air yang dibangun dan selesai pembangunannya pada tahun 2017 ini sangat dirasakan manfaatnya oleh warga banyak dampat positifnya, selain berfungsi sebagai cadangan air tanah juga berfungsi sebagai resapan air terutama saat banjir datang. Sebab dilingkungan RW045 ini merupakan daerah langganan banjir saat musim hujan yang biasanya mencapai 40 sentimeter,”kata warga blok C12 RT004 RW045, Roni, kepada Radar Bekasi, Selasa (13/11).

Dikatakan dia, pembangunan polder air yang memiliki lebar 20 x 20 x 4 meter tanpa dibantu oleh pemerintah daerah tersebut menghabiskan dana senilai Rp.32 juta yang dananya bersumber dari hasil swadaya warga setempat.

“Untuk alat berat ekskavator saja Rp15 juta sementara untuk pengadaan mesin sedot dan pipa sebesar Rp12 juta serta pemasangan pagar Rp5 juta, ini benar murni hasil swadaya warga tanpa ada bantuan dari pihak apapun apalagi pemerintah,”ucapnya.

Menurut dia, selama menghadapi musim hujan polder air yang dibangun warga sangat berfungsi dengan baik sehingga pemukiman yang memiliki 12 RT tersebut tidak lagi terdampak banjir ataupun genangan.

Sementara itu Sekretaris Lurah Bahagia, Mawardi Syamsi, mengaku mendukung kegiatan yang dilakukan warga tersebut dan semoga dapat dilakukan oleh warga lainnya yang memiliki lahan fasos fasum.

“Saya merasa bangga dengan warga yang secara swadaya tanpa mengandalkan pihak manapun untuk membangun polder air, peran warga patut saya apresiasi,”tandasnya. (Cr43)

Related Articles

Back to top button