Metropolis

Hari Sabtu Tetap Dilayani

Pelayanan Administrasi Kependudukan

Radarbekasi.id – Meningkatnya antusias warga dalam mengurus administrasi kependudukan, membuat pelayanan di kantor kecamatan menambah jam kerja. Ya, pelayanan di kantor kecamatan tetap dibuka pada hari sabtu.

Dikantor Kecamatan Jatisampurna misalnya, di kantor tersebut tetap melayani warga meski hari libur.”Pelayanan dibuka sampai jam 13.00 WIB,”kata camat Jati Sampurna, Abi Hurairah kepada Radar Bekasi, kemarin.

Dia mengaku, sejumlah kendala yang kerap terjadi diantaranya gangguan sinyal. Selain itu, lanjut Abi,  seringkali masyarakat yang mendaftar secara daring mengabaikan persyaratan, seperti melampirkan beberapa foto sebagai persyaratan salah satunya adalah kartu keluarga.

Abi Hurairah mengungkapkan, banyak masyarakat hanya mencantumkan NIK saja namun mengabaikan lampiran foto dokumen sebagai persyaratan untuk mengajukan pelayanan pencetakan KTP-el tersebut.

“Dari daring aja masukan data, mereka banyaknya masukan data klik aja gitu kan tanpa dukungan yang lain, misalnya kan harus difoto masalah kartu keluarga gitu. Kita kan berbicara kelengkapannya kurang kan gak bisa di proses itu terkendala dan semua warga kan belum tentu semua punya email,“ paparnya.

Sementara menganai gangguan terkait sinyal, dirinya menuturkan bahwa server daring untuk mengurus KTP-el ini disamping digunakan oleh kecamatan Jati Sampurna juga digunakan oleh 11 kecamatan lainnya yang keseluruhan kelurahannya berjumlah 56. Dia mencontohkan,  jika setiap kelurahan pengajuan daring yang masuk sebanyak lima buah maka sudah 280 pengajuan yang masuk kedalam server tersebut.

Camat Bekasi Timur, Gutus Hermawan Eka Permana diwaktu mengungkapkan, telah membuka pelayanan untuk perekaman KTP-el dengan waktu yang sama. Menurutnya dibukanya pelayanan perekaman KTP-el ini untuk memfasilitasi warganya yang menurutnya adalah masyarakat perkotaan sehingga tidak dapat melakukannya di hari kerja.

“Untuk pelayanan memang untuk pelayanan KTP KK dan akta kelahiran dan administrasi kependudukan sudah dilaksanakan di kecamatan. Tentunya ini supaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dnegan intruksi pak walikota. Kalo kita sekarang ini memang tetap kerjanya sampai jam empat, kemudian kalau sabtu kita masuk dari jam 8.00 WIB sampai jam 13.00 WIB “ imbuhnya. (sur)

Related Articles

Back to top button